Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)

Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)

Hallo gaes, balik lagi dan jumpa diblog Tumiesn.
Kali ini aku mau review 3 buku seorang penulis muda yang produktif banget.
Namanya Rezky Firmansyah salah satu bukunya yang mudah diinget dan mejeng diseluruh gramedia yang judulnya Jomblo, Mantan dan Masa Depan itu lho.
Tapi untuk curhatanku kali ini bukan mau bahas buku jomblonya ya hehe.

_______
Trilogi Rezky, 3 buku yang lahir secara bersamaan di usianya yang ke 24 tahun, dan ini Keren banget perlu diapresiasi. Salah satu apresiasinya baca bukunya, ambil pesan-pesan kebaikan dalam buku, serta maknai.

Judul tulisan kali ini kenapa aku pakai kata baper?
Sebab 3 buku ini merupakan vitamin buat aku pribadi, cukup membius isinya.
Berikut review ala Tumiesn, baca terus yes.

1. 24 Opini Berisi : W(RI)ting
Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)

Dibuku ini yang terdiri dari 24 opini Penulis tentang pemahamannya yang unik tentang menulis. Bahkan beliau pun membuat istilah sendiri yakni Passion Writing. Ini merupakan sebuah konsep caranya menulis buku dan menghasilkan karya.
Banyak agenda harian yang penulis hadirkan, sebuah cara baginya untuk menyebarkan spirit Passion Writer.

Bagi seorang passion writer, ada banyak pemikiran yang bernilai solusi, tapi kita justru mendiamkannya. Tuangkan dalam kata, susun dalam buku dan jadilah bagian dari creative solver.
Nah, berikut 24 daftar opini berisi dari penulis dibuku ini :
1). Tumblr : Nyaman
Ini bukan menyelaskan nyaman balikan sama mantan atau jadi jomblo abadi hehe, tapi tentang banyak penulis yang lahir dalam berkarya dalam sebuah platform yang dimana bagi seorang penulis berekspresi dan Tumblr tersebut merupakan salah satu dan dipilih menjadi Platform paling nyaman.

Ada beberapa penulis tumblr yang menjadi refrensi dan menginspirasi seorang Rezky Firmansyah yakni Azhar Nurun Ala, Kurniawan Gandi.
Baginya, Suara di tumblr terkesan lebih mellow, soft dan beberapa diantaranya menghayutkan, buktinya refrensi penulis di tumblr berhasil menginspirasi Rezky Firmansyah untuk menulis buku "Kita Dalam Kata" buku ke-17 nya yang berbeda, meski masih tetap gaya Rezky Firmansyah yang ahli di non fiksi.

Writing is expression. Ungkapan jiwa yang lebih baik dituangkan meski sepi pembaca. Daripada unek-unek nggak tercurahkan. Bahagia yang nggak terdefinisikan. (menurut kacamata Penulis dalam mengklarifikasikan kenapa orang nulis di tumblr).

Intinya sih balik lagi, media apa pun yang bikin nyaman, dipakai dan manfaatkan. Jika sebagian orang nyaman pakai tumblr buat berkarya lanjutkan, dan begirupun sebagaian orang lainnya. Tapi tetap jadi diri sendiri, yang loe banget.

2). 30DWC
Ini merupakan sebuah program yang unik dan produktif. Dalam buku ini pun di ceritakan oleh penulis tentang kegelisahannya yang dirasakan ketika Oktober 2015 saat itu masih kuliah di semester 5. Sebagai seorang Passion Writer yang harus kreatif dan mencari cara untuk terus menularkan virusnya menenulis.
Dan 30DWC salah satu jalannya, yakni tentang menantang diri untuk menulis selama 30 hari alias sebulan penuh. Dan bahkan program 30CWD yang diselenggarakan penulis buku ini sudah ada ratusan mentee di bawah tangan dinginnya.
Kerenkan? Gimana kisah lengkapnya? Ada dibuku ini hehe.

3). 4 Fase Penulis
Ada 4 fase untuk memudahkan perjalanan menulis. Apa saja perjalanan yang harus dilewati. Tidak semua orang akan melewati episode ini. Tapi dengan memaknai 4 fase ini, akan memudahkan untuk naik kelas dalam menulis.
Diantaranya : Role model, Mentor, Partner dan Bank alumni.
Jadi, kita gak bisa berdiri sendiri bukan? Butuh orang lain untuk naik kelas.
4 fase ini dibahas lengkap dengan opini berisi dari penulis buku yang banyak vitaminnya dan setelah baca (termasuk aku) akan merasakan, "Oh iya bener banger!"

5). Ngobrolin Nulis
#NgobrolinNulis bagi seorang passion writer ini merupakan sebuah jalan untuk menumbuhkan semangat, memperluas sayap kebaikan, dan menghidupkan passion menulis. Memiliki konsep yang mau dibawakan untuk ngobrolin soal kepenulisan, ajak orang-orang ataupun temui dengan membahas karya yang memberdayakan bukan sekadar nongkrong.
Dalam buku ini pun Penulis menceritakan perjalannya yang asik dalam caranya beropini salah satunya ya tentang ini ngobrolin nulis.

6). Prolog : Proyekan Antologi
Rezky Firmansyah merupakan salah satu penulis yang buku pertamanya antologi yang judulnya "ADMIRAL : Generasi, Perjuangan, Keajaiban" , saat itu bersama teman-teman SMA. Sebuah buku untuk hadiah perpisahan.

Keren ya?
Buat aku pribadi ini keren, dan gak salah juga gak dosa kok karya perdana kita pakai antologi. Kalau belum sanggup menulis satu buku, nulis rame-rame juga asik,dari pada seumur hidup sama sekali enggak kan? hehe


7). Impression or Expression
Sebuah kalimat yang menarik dan dalam isinya di bagian ini salah satunya yakni :
"Kalau menulis hanya untuk diri sendiri itu egois. Kalau menulis hanya untuk orang lain itu omong kosong. Maka menulislah untuk diri sendiri dan orang lain" sebuah pesan yang ditulis oleh @rioalfajri pertengahan 2015.

Expression hadiri dari diri sendiri. Sedangkan impression ditujukan untuk orang lain. Kedua unsur dan tujuannya ini harus bisa dikolaborasikan dengan baik.

*(Penjelasan tentang Impression or Expression) ada di buku W(RI)ting ini dan lugaslah penjelasan dengan gaya bahasa yang asik, jika kamu membacanya dijamin gak bosan.

8). Skripsi jadi buku
Nah di bagian ini salah satu pembahasan yang "waw" sebab, skripsi jadi buku merupakan konsep yang keren banget.
Rezky Firmansyah memberikan catatan untuk skripsi yang bisa diubah jadi buku, diantaranya :
*Tuliskan dengan bahasa yang lebih menarik
*Bawakan dengan pembahasan yang membumi
*Struktur tulisannya bukan bab per bab seperti buku ilmiah

Skripsi jadi buku ini sebuah konsep yang menarik, bahkan aku sendiri terinspirasi dari Skripsi yang dibuat tahun 2018 untuk di ubah jadi skripsi tahun ini :-)

Skripsi jadi buku, why not?

Dan berikut daftar opini buku W(RI)ting dari point 9 - 24, (*Lebih jelas dan dari pada penasaran gak bisa tidur, kalian bisa beli dan baca langsung ya teman-teman) :-)


9). Kreativitas + Visual
10). Diari Digital Harian
11). Buku Series
12) Buku Couple
13). Alasan personal branding + strong WHY
14). Riview Buku
15). Teknik 1 kata
16). Sambung Kata
17) One Day One Quote
18). Opini Berisi
19). Biografi
20). Tips Gue Banget
21). Konsep untuk Semua
22). Nulis Sampah
23). Jurnalistik menuju buku
24). Bernas Grow : UKM

2. 24 Opini Berisi : (YOU)th

Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)

Nah dibuku ini juga gak kalah asik setiap opini-opininya. Buat kalian yang penasaran bisa langsung meluncur ke halaman IG @karyarezky ya.
Aku kasih info beberapa daftar opininya ya biar kalian makin baper (bawa perubahan) lebih baik dan semangat dong pastinya. :-)


1). Aktivis Menulis
2). Aktivis Kebaikan
3). Aktivis Lapangan
4). Sarjana Memberdayakan, Sarjana Tanpa Kompetisi
5). Skripsi Solusi unuk Mahasiswa Bersubsidi
6). Wisuda : pascasarjana vs Paksasarjana

*selanjutnya temukan hanya ada dibuku ini teman-teman :-)






3. 24 Opini Berisi : Ind (ONE)sia

Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)

Buku ini juga gak kalah baper teman-teman. Penasaran?
Nih berikut beberapa bocorannya daftar opininya :
1). Solusi Gue Banget
2). Ruang Waktu
3). Proyek 4 Bulan
4). KIAN (Kamar Inspirasi Anak Negri)
5. Dakwah with Passion



______

Sebenarnya kalau mau diriview total panjang banget hehe, jadi Tumiesn kasih bocorannya aja, biar greget dong.
Jangan kesel ya, biar gak kesel beli dan baca saja Trilogi Rezky yang kaya vitamin C atau A hehe.
Halaman Instagramnya sudah ku sematkan kan? jadi klik saja kunjungi dari cari informasinya, sendiri saja gak usah manja minta dianterin huhuhu.

Sekian riview ala Tumiesn, sampai ketemu di riview selanjutnya,semoga gak baper kesel. Baper (bawa perubahan) setelah baca buku yaaaa..


Cikarang, 2-4-2019

-Tumiesn-



     
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Mengambil Pesan Penuh Makna, Trilogi Rezky Firmansyah (Vitamin Baper Beropini)
      Komentar(0)