Terima Kasih Untuk Kamu Triangulasi Sumber (Pembaca, Penulis & Komunitas) Skripsi Solusi

Terima Kasih Untuk Kamu Triangulasi Sumber (Pembaca, Penulis & Komunitas) Skripsi Solusi



Perjuangan adalah aktualisasi bukan sekadar deskripsi dari gabungan kata-kata, seperti perjuangan hidup seseorang dalam merajut setiap asa, apa pun itu.

2018, masa dimana saya harus berjuang di semester akhir. Tentang tugas akhir yang harus di hadapi, dilakoni dan bukan sekadar 'Menyusun Skripsi' tapi sebuah karya yang harus diperjuangkan & di pertahankan.

Allah, baik sekali.
Sebuah impian Skripsi yang telah saya idamkan sejak 2017, tentang kegelisahan-kegelisahan yang muncul sebagai seorang penulis pemula yang cukup merasa kesulitan dalam menyebarkan karyanya, sebuah pengaruh dari minat baca di lingkungan yang begitu minim, kesedihan hati yang menimbulkan tanya, mengapa? Kenapa? Ada apa? Dan harus bagaimana?
Tapi, dibalik kegelisahan itu justru Allah kirimkan dosen yang memahami, mengerti dan mendukung sepenuh hati apa yang saya impikan, yakni #SkripsiSolusi

Sejak semester awal, saya memang memiliki impian besar, bukan sekadar kuliah, berteman dengan satu kelas, pulang, cari uang buat bayar spp dan selesai. Tidak, hal seperti itu saya jauh-jauhkan, tapi bagaimana saya tumbuh mencari passion, membuka jaringan lebih luas, bukan soal nilai ipk, tapi value buat hidup saya, karena moment 4 tahun (kuliah harus tepat waktu) harus memiliki kisah yang unik, terkenang, mengesankan dan bisa diceritakan tentang persoalan perjuangan (cerita lengkap tentang perjalanan #Kuliah Tumiesn mungkin akan diceritakan di postingan selanjutnya ya).
Semester awal saya pernah do'a minta sama Allah, "Ya Allah, kirimkan saya dosen yang mengerti saya."
Sebuah do'a-do'a yang tak cukup sekali atau dua kali saya panjatkan, tapi berkali-kali.

Suatu musim mendekati semester akhir Allah kabulkan do'a sejak semester awal yakni Allah dekatkan saya dengan seorang dosen Marketing yang sangat baik, dan memahami saya, alhamdulillah itu merupakan kado terbaik yang saya dapatkan.
"Bu, saya ingin bikin Skripsi tentang buku, penulis dan blablabla."
Dan beliau berdiskusi dengan suaminya, yapz, sebuah variabel yang ditemukan saat di komunitas MRC tahun lalu 'Personal Branding'

2018, sejak Maret saya bolak-balik kampus curhat soal skripsi, tanya bagaimana dan harus seperti apa.
Dan Allah kasih petunjuk, dengan mengirimkan dosen sepasang sprofesi di bidangnya, Bu Yunita & Pak Edy merekalah dosen inspirasi yang sangat membantu mewujudkan #SkripsiImpian #SkripsiSolusi
Sebuah arahan-arahan yang terus saya ikuti dan pelajari, sebuah Skripsi berjenis Kualitatif Deskriptif berjudul, Tumiesn : Peta Mental Personal Branding Penulis Pemula (Aplikasi Zaltman Metaphor Elicitation Technique).
Sebuah Skripsi yang ingin saya persembahkan kepada para penulis pemula agar tetap semangat berkarya, bertumbuh tanpa henti.

Selain mengunakan triangulasi teknik, saya juga menggunakan triangulasi sumber data yakni :
Pembaca, Penulis & Komunitas, sebuah syukur yang ingin saya sampaikan kepada kalian para triangulasi sumber.
1. Pembaca -> mereka adalah sumber-sumber yang menjadi partisipan yang sudah sangat baik mau di wawancarai sejak bulan April 2018. Meluangkan waktu untuk bertemu yang tak cukup sekali bertemu dan tak cukup sejam menghadapi setiap pertanyaan yang saya lontarkan.

2. Penulis -> para penulis pemula yang menjadi obyek penelitian.
Kalian yang saya temui dalam komunitas-komunitas kepenulisan, para penulis pemula yang memiliki semangat juang dalam berkarya yang tak mudah, terima kasih sejak Maret hingga Agustus kalian mau ku wawancarai baik secara langsung maupun dengan media elektronik, karena saya hanya mampu menjangkau teman penulis pemula sampai Jakarta saja, untuk di luar pulau jawa dan selebihnya menggunakan media yang saling terhubung.

3. Komunitas -> sebuah tempat para perkumpulan para penulis yang memilik minat yang sama dalam dunia literasi,
Terima kasih banyak teruntuk perwakilan dari teman penulis pemula dari komunitas :
1. Kelas Nulis Asik Tebar Manfaat
2. Kampung Blog
3. Saung Literasi
4. Simfoni Aksara
5. Mentoring Menulis Online
6. Author Associate Inspirator Akademi
7. Bikin Buku Club Indonesia

Perwakilan para penulis pemula yang saya temukan di komunitas, Komunitas-komunitas tersebut juga telah sangat berjasa dalam membangun brand bagi penulis untuk saling berkarya dan tumbuh bersama.

Tak ada kata yang lebih indah dari 'Alhamdulillah' sebuah masa yang telah berhasil dilewati, sebuah impian yang Allah mudahakan, semua itu tidak terlepas dari kalian, para dosen pembimbing, Triangulasi sumber dan orang-orang terbaik.

Do'akan Skripsi yang saya teliti berbulan-bulan lamanya yakni lebih dari 8 bulan, semoga tak hanya selesai di rak perpustakaan kampus dan rak buku saya, tapi di rak kamu (para pembaca).

Terima kasih, untuk ketulusan kalian yang tak bisa disebutkan satu persatu.

Cikarang, 20 November 2018

Tumiesn.

(Curhatan mini Tumiesn)


    Artikel (Cerita Tumi)dari kategori yang sama
    Jumpa Mentor Paket Lengkap
    Jumpa Mentor Paket Lengkap(2019-05-21 00:32)

    WAKTU
    WAKTU(2019-05-10 12:01)

    Perpisahan
    Perpisahan(2019-05-08 22:40)

    Jingga-Jingga, Ninik
    Jingga-Jingga, Ninik(2019-05-07 00:30)

    Ruang Renung
    Ruang Renung(2019-05-03 22:02)


     
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Terima Kasih Untuk Kamu Triangulasi Sumber (Pembaca, Penulis & Komunitas) Skripsi Solusi
      Komentar(0)