Metamorfosa Rindu




Metamorfosa bukalan kata yang baku, tetapi merupakan kata abnormal dari metamorfosis.
Dalam konteks Ilmu Biologi, metamorfosis diartikan sebagai suatu proses perkembangan biologis yang terjadi pada hewan tertentu di mana didalamnya melibatkan perubahan penampilan secara fisik dan atau juga struktur setelah proses penetasan atau kelahiran. Perubahan fisik pada proses metamorfosis ini disebabkan oleh perbedaan pertumbuhan sel dan diferensiasi sel yang radikal.
Contohnya, lihat Hewan Kupu-kupu.

Sementara itu saya menganalogikan Metamorfosa rindu adalah sebuah proses perubahan emosi seseorang terhadap perjalanan hidup.
Misal begini, seorang yang sudah dewasa dia telah melewati banyaknya problematika kehidupan, disuatu titik ia pasti akan teringat dan debar jantung merasakan rindu pada masa-masa :
1. Kecil, ditimang-timang oleh kedua orang tua, dikelilingi sodara sekandung, berlari, menari, tertawa, menangis dan masa kecil pikirannya hanya minta uang buat jajan ciki dan sebagainya.

2. Masa sekolah, ini merupakan masa proses pertumbuhan seseorang. Orang tua yang sejak dulu mendekapnya dalam gendongan kini mulai dibiarkan sang anak lepas menari mengejar prestasi di bangku sekolah. Mulai dari sekolah Paud, SD, SMP, SMA, kuliah dan seterusnya.

3. Berkarya, Berkarir. Ini merupakan masa dimana seseorang berproses dalam pertumbuhan diri yang mulai berani menentukan target pencapaian, kualitas diri dan sebagainya.

4. Pernikahan, sebuah komitmen yang penuh keseriusan dan berproses lebih dewasa lagi.

5. Masa tua dan seterusnya.

Nah, proses-proses tersebutlah yang saya sebut metamorfosa rindu. Perubahan-perubahan seseorang yang disuatu ketika ia akan mengingat kenangan yang mengerucut pada rasa rindu.
Ketika sekolah SMA misal, teringat kenangan saat kanak-kanak.
Ketika tengah kuliah teringat kenangan masa SMA.
Ketika sudah mandiri dalam karya teringat bagaimana kelembutan cinta orang tua, hingga di tuangkan lah proses rindu melalui karyanya (coba perhatikan penulis, biasanya begitu hehehe)
Dan metamorfosa rindu lainnya.

Sadar maupun tidak, disuatu hari dan di suatu titik hidup kita akan bertemu dengan debar-debar ingatan proses kehidupan. Tentang tangis, senyum, tawa, kebahagian, kesedihan dan semua yang telah terlewati. Dan hal ini lah yang Seharusnya dijadikan sebagai media mawas diri.

Kisah hidup adalah kumpulan pengalaman yang dibungkus oleh waktu kemudian disempurnakan dengan metamorfosa dan semua orang mengalami perubahan tersebut berbeda-beda, tak ada yang sama meski sekilas serupa.

Setiap orang adalah nahkoda bagi pelayaran hidupnya, maka berlayarlah dalam proses hidup yang baik, berusaha menjadi insan terbaik. Jikalau metamorfosa rindu mu hadir, kita akan tersenyum karena teringat yang baik-baik.

Cikarang, 12 Oktober 2018

Tumiesn

*Project produktif nulis bersama Komunitas Kelas Nulis Asik Tebar Manfaat dalam agenda #Kamis Eksis"

    Artikel (Inspirasi)dari kategori yang sama
    Pernah Jatuh & Cinta
    Pernah Jatuh & Cinta(2018-10-15 20:12)

    Nikah, Bukan Perlombaan
    Nikah, Bukan Perlombaan(2018-10-04 12:35)

    KENAPA ADA KECEWA?
    KENAPA ADA KECEWA?(2018-08-24 12:30)


     
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Metamorfosa Rindu
      Komentar(0)