Assalamualaikum, Pak

Assalamualaikum, Pak


Awan di langit tanah sumatera berbondong-bondong saling menggumpal, meneduhkan. Mata memandang nanar, di amati sekali lagi sebuah nisan yang terbalut oleh semen, batu, pasir dan bata. Ditahan berulang-ulang agar mata tak mengeluarkan berlian berharga, air mata. Namun, mendustakan agar tak menangis dihadapnya adalah kemunafikan, sulit rasanya menutupi sebuah kerinduan yang telah tersusun bak bangunan tembok raksasa. Sebuah kata sayang yang kini hanya mampu terucap lewat do'a.

"Pak." bisikku lirih dalam hati yang semakin menggema hebat, mata memerah tajam. Sedih mengenang masa lampau.

Ku pandangi nisan itu yang telah bertaburan bunga berwarna-warni dan baunya yang semembrak. 23 tahun telah diarungi hidup tanpanya.

Getir, pedih, asam dan manis adalah karunia yang tetap diselipkan oleh-Nya sebagai penghibur lara. Kau bisa bayangkan bagaimana rasanya seorang wanita yang dengan perut besar mendekati angka sembilan bulan harus di tinggal pergi oleh lelakinya. Seorang imam yang harus kalah akan sakitnya dan hembusan terakhir adalah bingkai awal dari sebuah kata pisah oleh sepasang suami istri.
Kepergian dan nisan yang kini ku pandangi adalah benar-benar nyata.

Do'a-do'a terdengar syahdu, nyamuk-nyamuk hitam dipekaragan pemakaman umum beraksi mengganggu kulit para lisan yang tengah mengamini do'a. Ini adalah kegiatan yang bukanlah sekedar tradisi semata. Namun, pelepas dari rasa rindu anak dan cucu yang menghampiri lelaki yang dua puluh tiga tahun lalu pamit pergi untuk selamanya.

"Assalamualaikum, Pak." dan aku adalah salah satu anak yang dulu kau gendong hanya dalam hitungan puluhan bulan.


Selanjutnya Insya Allah di Novel Tumiesn.


Bandar Lampung, 24 Juni 2017
Tumiesn

    Artikel (Novel)dari kategori yang sama
    AENA, Namanya
    AENA, Namanya(2019-07-01 19:05)

    Untuk Tetap Tinggal
    Untuk Tetap Tinggal(2017-08-16 07:21)

    Segaris rindu
    Segaris rindu(2017-01-02 10:01)


     
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Assalamualaikum, Pak
      Komentar(0)