Cinta Berlabuh Pada Teman Yang Pasti-Pasti




Membicarkan soal jodoh itu gak akan ada habisnya. Mulai dibahas oleh kalangan remaja lewat alias dewasa menyapa, para kaum orang tua yang sudah ngarep pengen punya mantu, dan yang pasti para pasang mata yang greget liat para jomblo bertebaran di muka bumi dengan sesuatu yang belum pasti hehe.
Sabar para kaum jomblo.

Hidup itu unik, Persis banget kaya yang namanya jodoh.
Bahkan beberapa kali saya sering nulis di kategori : Persabatan, tentang satu persatu teman yang nikah. Bisa dilihat ya dan ceritanya beda-beda.



Subuh ini, 31 Desember 2017 saya baru sempat buka pesan watshap dari salah satu sahabat seperjuangan di komunitas menulis.
Namanya Kak Sasha, Penulis Buku "Anak Hebat Berkat HIPNODONGENG"
Pesannya membuat saya penasaran dan langsung saya baca, pesan masuk jam 21.36 WIB.

Kakak yang pandai menghipno ini berkabar jika alhamdulillah tgl 29 Desember 2017, Ia telah menikah dengan seorang lelaki yang masya Allah hadiah di hari ulang tahunnya.

Namanya Kak Adi, salah satu peserta nulis bareng saya juga beberapa tahun lalu. Dan Kak Adi ini juga teman kak Sasha yang selalu ada lho.
Seorang pria yang siap dan berani berjuang bersama. Memberikan kepastian buat seorang kak Sasha untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

Saya sangat takjub akan kabar ini.
Dari Kak Sasha saya banyak belajar, tentang dia yang melepaskan seorang nama yang tak pasti. Mengikhlaskan dan merelakan cinta yang hanya menggantung tanpa kejelasan, hanya berteori tanpa kepastian. Karena sederhananya wanita manapun ingin berjalan dan mempercayakan cinta pada yang pasti.
Sejarah cinta sahabat saya ini benar-benar membuat saya haru membiru.
Beberapa bulan lalu, hatinya benar-benar patah. Perasaannya digilas, ditinggal oleh sosok yang pernah berargumen soal bangunanan cinta. Namun, di runtuhkan karena ketidak siapan.

Sahabat saya hanya bisa berpasrah, menyerahkan segala cinta kepada Allah saja. Toh salah juga terlalu berharap dengan manusia. Dan salah satu tanda Allah mencintai hamba-Nya adalah terbitkan rasa kecewa agar manusia kembali dan sadari jika Allah cemburu pada hati yang lalai dan luput akan cinta yang terlalu mengagungkan manusia.

Pada akhirnya, Allah lah segala pemberi dan pengendali cinta. Dia yang tahu apa kebutuhan hamba-Nya.
Cinta berlabuh pada teman yang pasti-pasti, Kak Adi lah yang berhak merayakan cinta Kak Sasha. Sosok teman yang siap mewarnai Hari, baik senang maupun sedih, terang maupun mendung. Menerima kekurangan maupun kelebihan. Cinta Berbaur menjadi satu dalam Ridha sang pemilik Cinta.

Cinta itu unik, ia bersemayam pada hati yang tepat. Jika ingin bertemu dengan yang pasti, maka pastikan juga hati.
Selamat merayakan cinta bersama teman sehidup sesurga Kak Sasha.


Bandar Lampung, 31 Desember 2017
Tumiesn




    Jodoh Bertamu, Bertemu Dari Komunitas




    Tidak ada yang tahu kapan dan dimana kita akan bertemu dengan yang namanya seseorang dimasa mendatang alias teman hidup.
    Dan setiap orang memiliki kisah tersendiri tentang sepotong hatinya. Berlabuh cinta pada musimnya.
    Jodoh itu memang sudah ditentukan oleh Sang Pemilik Cinta, tapi sebagai manusia kita harus mencarinya, berjuang agar dapat berjalan berdampingan.

    24 Desember 2017 ini saya yang datang kondangan seorang diri di acara ngunduh mantu, salah seorang sahabat Aksara di Kelas Nulis, Tebar Manfaat.
    Ulfah namanya, seorang wanita yang baru saya kenal beberapa bulan lalu dan kebetulan ia adalah adik kelas saya di Pelita Bangsa yang saat ini semester 5.



    Adik kelas ini yang baik banget, bulan lalu dia yang bersedia nemenin saya survey di salah satu desa di Cibarusah untuk buku ke 4 saya.
    Dan hari ini bisa hadir di acaranya senang banget, lebih senang tatkala dia berbagi cerita soal pertemuan dengan aa jodohnya.

    Fachri nama lelaki yang berhasil merebut dan meyakinkan hatinya. Sosok yang dikenalnya tahun lalu dan berani melamar di bulan syawal 2017 ini.
    Pertemuan mereka pun uniknya adalah di salah satu komunitas.
    "Dulu Ulfah di ajak pengajian sama temen Ka, pertama kali ketemu dengan dia."
    Dengan mata berbinar dia bercerita.

    Yapz, pertemuan yang akhirnya berani buat bertamu.
    Serunya lagi, Fachri adalah alumni Pelita Bangsa,
    Cuma dulu mereka di kampus tidak kenal. Karen komunitas yang mereka naungi di luar kampus.

    Jodoh itu memang ajaib. Allah selalu memiliki sekenario yang indah pastinya.
    Di antara milyaran manusia di muka bumi ini, nyatanya Allah lah segala pengendali dan penentu.
    Jodoh tidak jauh-jauh, dia ada dan bisa saja dekat dengan kita di antara manusia yang bertebaran.

    Teruntuk sahabatku Ulfah, selamat merayakan cinta.
    Jadikan ini akad yang Pertama dan terakhir.
    Bersama dengan Fachri sang pejuang keluarga, sosok yang akan selalu pulang kerumah cinta. Dan kamu adalah pemilik rumahnya.

    Lemah Abang-Cikarang, 24 Desember 2017

    Tumiesn




    Liburan Mumer, Fun Park Water Boom




    Hari libur gak pulang kampung dan akhirnya meluncur deh ke salah satu wahana air pagi ini.
    Buat kamu yang tinggal di Area Cibitung maupun Cikarang, bisa di cobain nih refrensi liburan murah meriah.

    Cukup dengan kocek Rp. 25.000 kamu Sudah bisa Main air dan ada hiburan juga kebetulan hari ini.



    Dan wahana ini lokasinya tepat di area Perumahan Regensi 1 Cibitung.






    Dengan kocek yang murah Meriah kamu bisa tertawa lepas bersama keluarga.



    Karena jalan-jalan gak melulu soal seberapa nominal yang di keluarkan. Tapi terlebih bagaimana menikmati sebuah kebersamaan.
    Yapz, bareng keluarga.





    Seseruan bareng keluarga juga perlu, yuk tingkatkan keharmonisan dalam bersosial bersama keluarga dengan sering saling bersilatuhrami.

    Liburan Mumer (murah meriah) tetap seru kok dengan saling Ceria.

    Cibitung, 24 Desember 2017
    Tumiesn




    Aca Ucu Go Pelaminan part 4




    Akhir Desember semakin mendekat, pergantian tahun segera menyambut, semoga panjang umur, sehat selalu dan segera lulus dari kategori Jomblo #Eaa



    23 Desember 2017, akhirnya salah satu personil genk Aca Ucu melepas masa sendirinya.
    Tika namanya, dipersunting oleh seorang pria yang baru beberapa bulan dikelannya.
    Alhamdulillah, cinta bertahta dan jodoh itu emang unik ya.

    Setiap wanita pasti ingin yang pasti-pasti, gak harus nunggu seorang pria yang hanya sekedar, "Yuk jalan." Tapi wanita manapun dengan akal sehat pasti akan memilih seorang adam yang mengajak, "Yuk ke pelaminan."

    Cinta dewasa adalah bukan sosok yang datang sekedar singgah, tapi hadir untuk tetap tinggal dan menetap.
    Saling berjuang menyempurnakam separuh agama. Tak ragu melangkah dan menerima kekurangan serta kelebihan masing-masing.

    Jodoh itu unik, dia akan datang pada waktu yang tepat.
    Buat Tika, selamat merayakan kehadiran cinta.

    2017 ini alhamdulillah 4 orang dari Genk Aca Ucu (Ayu, Dwi, Sari dan Tika) telah menemukan sandaran hati di masa-masa Kuliah.
    Semoga Vivin, Ela, Novi, Ulfah dan Juga saya segera bertemu abang jodoh masing-masing, do'anya di tahun depan ya genk hehe

    Teruntuk Tika,

    Engkau adalah matahari
    Pencerah ruang kehidupan
    Bidadari bagi lelaki yang Dia pilihkan untukmu
    Pejuang pendidik bagi putra-putrimu
    Kau adalah rumah bagi mereka
    Jadilah rumah yang teduh penuh cinta..

    Jadikan Akad ini yang pertama dan terakhir

    Cikarang, 23 Desember 2017
    Tumiesn




    Kau Selalu Ada, Dekat Lebih Dari Kekasih




    Bila senja katanya indah, tapi bagiku kau lebih indah.
    Jika suara biola itu merdu, namum bagiku kau lebih merdu dan menenangkan.

    Untukmu, dengarkanlah aku tak akan kemana-mana, seperti cinta dan perjuanganmu yang enggan jauh.

    Kau selalu ada, dekat lebih dari kekasih.
    Hatimu selalu lapang, senyummu mendamaikan, betapa beruntungku.


    Kau ada, kasihmu utuh, meski anakmu yang semakin dewasa mungkin akan sibuk dengan urusan hati.
    Anakmu yang pria akan sibuk memperhatikan wanita lain dan anak wanitamu akan sibuk dimanjakan oleh keperdulian kekasih yang dipilihkannya.

    Kau tak marah, apa lagi mengurangi kasih sayangmu.
    Sungguh, cintamu tak berkurang meski satu detik saja.

    Kau ada, dan selalu hadir untuk anak-anakmu.
    Kau ciptakan damai di rumah tanpa perlu ada suara-suara nyaring dari musik manapun.
    Bagimu, damai cinta adalah manakala anak, Ibu dan ayah saling bercengkrama di ruang bersama.

    Saat kanak-kanak mereka yang menjadi pelatih cinta.
    Saat anak-anaknya dewasa Sudah saatnya mereka lebih diperhatikan.


    Cinta Ibu dan Ayah tak akan menua, meski kriput dan rambut memutih kini dijajaki.

    Engkau selalu ada, menerima tamu yang hadir sebagai keluarga.
    Tak pernah cemburu justru bahagia selalu.

    Teruntuk Ibu dan Ayah yang anaknya semakin tumbuh Dewasa.

    Cikarang, 22 Desember 2017
    Tumiesn




    Biarkan Saja Dulu Cinta Berlalu






    Ketika kamu jatuh cinta pada seseorang yang tidak mencintaimu,
    bersikaplah baik pada dirimu, tidak ada yang salah dengan dirimu.
    Cinta tidak memilih untuk hinggap di hati orang yang kamu cinta, itu saja.
    Dan ketika seseorang jatuh cinta padamu namun kamu tidak mencintainya,
    tersanjunglah bahwa cinta datang mengetuk pintumu,
    tapi tolaklah dengan lembut anugrah yang tidak dapat kamu balas itu.
    Jangan mencari kesempatan, hingga timbulkan kepedihan.

    Caramu memperlakukan cinta akan menentukan cara cinta memperlakukanmu.

    Ketika kamu jatuh cinta pada seseorang dan orang itu jatuh cinta juga padamu,
    lalu cinta memilih untuk berlalu,
    jangan coba meraihnya kembali, ataupun menilai siapa yang salah.
    Biarkan berlalu.
    Pasti ada alasannya dan ada maknanya.
    Kamu akan tahu pada waktunya,tapi biarlah waktu sendiri yang memilih saatnya.

    Ingat bukan kamu yang memilih cinta tapi cinta yang memilihmu.
    Kamu hanya bisa menerima saat cinta memasuki kehidupanmu dengan segala misterinya.
    Cinta mempunyai waktunya sendiri,musimnya sendiri dan alasan-alasanya sendiri untuk datang dan pergi.
    kita tidak bisa menyogoknya, memaksanya dan membujuknya untuk tetap tinggal.
    Kita hanya bisa merangkulnya saat dia datang.
    Tapi jika dia memilih untuk pergi dari hatimu dan tak ada yang bisa di lakukan untuk mencegahnya,
    dan tidak seharusnya untuk menahannya. Biarkanlah dan lepaskan, biarkan cinta terbang.
    Berbahagialah atas kesempatannya yang pernah singgah, jika dia memang takdir cintamu, pasti akan kembali.

    "Tulisan dua tahun lalu, nasihat bos




    #4 Gadis, HJDMM




    Hallo, akhir tahun ini Tumiesn bersama 3 gadis lain sedang menyelesaikan project buku berupa antologi.
    Mau tahu? Tunggu kabar selanjutnya ya.


    Berikut sedikit kutipan disalah satu cerpen HJDMM



    Kau terdiam dalam keindahan yang menurutmu sempurna. Namun, bagiku itu adalah kebisuan yang sangat menyebalkan. Terkadang kau tertawa, tersenyum, marah dan perhatian yang kadang menyerbu tapi bisa saja pergi berlalu tanpa berucap, "Aku pamit." kau anggap hati ini apa?"



    #4Gadis
    #HJDMM

    16 Desember 2017
    Tumiesn




    Outline, Harga Mati Naskahmu!





    Hallo, Apa Kabar?
    Kembali lagi ke blog saya ya, terima kasih masih tetap bersedia meluangkan waktunya membaca materi singkat saya ini.
    Lanjut terus membaca sampai selesai artikel ini ya.



    Kali ini kita akan membahas tentang Outline, sesuatu yang sangat penting dalam sejarah membuat buku.
    Saya akan membagikannya kepada mu dengan ilmu yang saya dapatkan dari dua guru saya, yakni Brili Agung dan Wildan Fuady.
    Mereka berdua adalah dua guru yang berjasa dan mengenalkan apa sih itu outline? seberapa pentingkah?

    Kali ini yang akan bahas adalah outline Novel alias Fiksi ya.
    Tetapi, sebelum memasuki outline kita harus membuat premis terlebih dahulu.

    Apa itu Premis?
    Premis berasal dari kata Promise, yaitu Sebuah Janji. Janji apa yang ingin penulis berikan kepada pembaca. Jadi Premis adalah
    sebuah intisari cerita / pembahasan dalam satu kalimat saja.

    Contoh Premis Novel saya yang berjudul Sepotong Hati di Lereng Merapi
    Premisnya : Sebuah nama, cinta berlabuh pada pria penjaga hatinya yang tersembunyi.
    Nah, cukup satu kalimat tapi sudah menjelaskan inti sari dari sebuah cerita yang diangkat.

    Rumusan Premis Fiksi :
    Karakter utama + Tujuan + Halangan

    Oke, setelah kamu membuat premis dan meyakini premis tersebut menarik. Maka lanjut ke Outline!

    *Outline adalah Peta Penuntunmu
    Membuat outline sama halnya dengan membekali dirimu dengan sebuah peta perjalanan dalam menulis. Gak kebayangkan jika kamu tidak memiliki peta? yang pasti akan tersesat! Sama halnya seperti saat kita hendak merampungkan naskah, harus ada yang namanya outline jika perjalananmu ingin sampai ke tempat tujuan.
    Dari outline ini kamu akan tahu tentang harus memulainya dari mana untuk tulisanmu, dan kapan perjalanan tulisanmu berakhir (ending).

    *Outline cara jitu agar tulisanmu nyambung
    Salah satu keuntungan menggunakan outline adalah agar alur cerita yang ingin kamu sampaikan nyambung, tidak melabar kemana-kemana.

    *Outline membuat tulisanmu lebih cepat
    Ini juga salah satu cara agar kamu dapat menulis cepat, dengan outline tulisanmu tidak muter-muter dan tidak bertele-tele.

    *Membunuh adanya Writeblcok
    Dengan adanya outline, kamu tidak akan merasa adanya writeblock karena semuanya sudah ada di outline.

    Ada tiga 3 struktur yang harus kamu ketahui dalam isi outline, di mana cerita utuh akan dibagi dalam 3 babak cerita. Biasanya disebut ACT 1, ACT 2 dan ACT 3.

    Penjelasan singkat tentang ACT :

    *ACT 1 => Awal, Intro = 25%
    *ACT 2 => Inti cerita = 50%
    *ACT 3 => Akhir, kesimpulan = 25%

    Berikut rincian dari 3 ACT tersebut :

    ACT 1
    Pada bagian ini kamu akan lebih melakukan intro atau memperkenalkan, yaitu bagaimana karakter dari tokoh, konflik yang dimiliki dan juga bagian ini menjelaskan tentang bagaiamana kehidupan karakter, setting tempat dan dalin-lain.

    ACT 2
    Dibagian ini banyak sekali aksi yang akan terjadi dan merupakan babak yang palik gemuk. Di babak ini, karakter utama dibantu oleh karakter lainnya dalam mengatasi masalah-masalah yang sedang di hadapi. Biasanya di iringi dengan kejatuhan, kegagalan sampai kemenangan palsu.

    ACT 3
    Babak ini merupkan babak kesimpulan. Di babak ini, kita akan mengetahui apakah karakter utama berhasil mencapai tujuan (happy ending)
    atau dia gagal mencapai tujuannya (sad ending). Idealnya dalam ending si tokoh akan mendapatkan apa yang dia butuhkan, bukan apa yang ia mau.

    Nah, selanjutnya kita masuk ke point-point dari setiap bagian ACT :

    ACT 1
    Bagian ini di bagi menjadi 4
    Yaitu : Dunia yang tidak sempurna -> Point of Attack -> Penolakan -> Persiapan Perjalanan

    ACT 2
    Pada bagian ini akan lebih panjang dari ACT 1. Mayoritas cerita diambil dari usaha-usaha karakter utama dalam mencapai tujuannya.
    Di bagian ini kita akan merasakan konflik yang terjadi pada cerita. Permainan bermula dan semuanya akan berjalan untuk mencapai tujuan si karakter utama.
    Rinciannya yaitu :
    Usaha awal -> Slide Plot -> Kemenangan Palsu -> Midpoint-> Kejatuhan -> Ancaman Diam-diam -> Masa yang kelam

    ACT 3
    Bagian ini dibagi menjadi 4 dan ini merupakan bagian akhir dari cerita yang dibagun. Bagian ini merupakan kesimpulan atau solusi dari tujuan hidup karakter utama. Disini pula akan terjadi semua pencapaiannya.

    Rinciannya :
    Kebangkitan -> Pertarungan akhir -> Twist / Final Push -> Dunia yang sempurna


    Dari 3 Rincian setiap ACT, penjelasannya bisa kamu tanyakan di kelas diskusi.

    Nah, jadi Outline adalah harga mati naskahmu dan sangat penting sekali ya.
    Sekian materi singkat saya, untuk selanjutnya bisa langsung tanyakan di kelas diskusi.

    Cikarang, 10 Desember 2017
    Tumiesn




    Kelas Gratis! KNATM






    Kelas Gratis, Mau?

    Hallo, saya Tumiesn Penulis Baper Positif bersama Ka Indri Septiani kembali lagi ke kelas!

    Malam ini akan ada sharing tentang "Outline Novel"

    Yuk gabung segera, kelas ini gak hanya sekali diadakan. Insya Allah akan terus berkelanjutan.

    Terbatas!

    Cikarang, 10 Desember 2017
    Tumiesn




    Giveaway Buku Magical Words For Writing Khusus Kelas NATM




    Hallo, apa kabar semua?
    Semoga sehat selalu dan makin luar biasa ya dalam soal tulis menulis.

    Ada kabar cihuy nih buat kalian para penduduk Kelas Nulis Asik, Tebar Manfaat.
    Kamu berhak ikutan acara ini dengan ketentuan :

    1. Tuliskan alasan kenapa kalian ingin jadi penulis di media sosial, sertakan juga foto buku *Magical Words For Writing*

    2. Tag fb/ig Kak Indri dan Tumi

    3. Jangan lupa hastag #NulisAsikTebarManfaat #Giveaway #MagicalWordsForWriting

    4. Deadline giveaway *Minggu, 10 Desember 2017*

    Penilaian :
    Penilaian pemenang berdasarkan jawaban yang paling unik

    Pengumuman pemenang
    *Rabu, 13 Desember 2017*

    Selamat berjuang, dengan batas waktu minim.

    #KelasNuliAsikTebarManfaat
    #Giveaway
    #MagicWordsForWriting