Mengolah waktu, belajar dan berdiskusi, Komunitas Public speaking






Hari minggu!
Waktu yang dimana dijadikan sebagian orang untuk beristirahat, piknik, kumpul bareng keluarga, jalan bareng si doi dan sebaginya.
Namun, hari minggu setiap dua minggu sekali dijadikan oleh anak-anak muda bersemangat ini untuk berkumpul dan belajar bareng.

Mereka adalah anak-anak bersemangat yang bertemu dan bersatu dalam sebuah komunitas positif.
Yakni, Public speaking Pelita Bangsa.
Mahasiswa & Mahasiswi yang memilih mengolah waktunya untuk belajar bersama.
Belajar ngomong, "eh maksudnya belajar berbicara yang sistematis dan memikat didepan public ya! hehehe."
Dan serunya lagi, kegiatan ini dibimbing langsung oleh salah satu dosen kami, yakni bapak Dayu Rifanto seorang dosen MSDM.

Nah, tanggal 28 Agustus 2016 jam 12:30 WIB adalah kegiatan yang biasanya kami lakukan, disetiap dua minggu sekali setiap bualannya.
Dan untuk kegiatan kemarin, kami membahas buku karya Dalle Carnegie yang berjudul Stand and Deliver.
Serta kami berdiskusi untuk bab 1, yakni "Kunci Mewujudkan Penyampaian Yang Berpengaruh Kuat."

Banyak hal yang saya dapatkan dari diskusi tersebut.
Diantaranya :

1. Jika ingin berbicara sebagai seorang public speaking, maka kita harus mengetahui apa yang kita bicarakan.
bayangkan deh, jika kita berbicara didepan umum sudah ngalor ngidul tetapi, diri kita sendiri saja tidak paham apa yang kita bicarakan. Bisa-bisa seluruh gunung meletus karena terlalu gregetnya mencoba memahami apa yang didengarkannya.

2. Inti pidato itu bukan bercerita tentang diri kita sendiri, tetapi kepada yang lain.
Misal, saat kita berbicara didepan umum dan menceritakan perjalanan memancing disebuah danau.
Maka, yang harus diceritakan adalah bagaiman serunya memancing, pemandangannya, tentang perjuangan mendapatkan pancingan. Bukan bagaimana kita sebagai tokoh yang ada dicerita itu.

3. Nah, ada hal yang paling penting sebelum kita berbicara didepan umum disuatu acara. Maka alangkah baiknya, kita sebagai seorang pengisi materi beberapa hari mendatang. Harus lebih dahulu mengetahui bagaimana kondisi ruangan, antara panggung dengan tempat duduk audiens. Dan usahakan ruangan tidak terlalu luas jika audiens sedikit.
Saat acara dimulai, maka posisikan diri anda sebagai seorang pembicara ada diposisi tengah. Jadi, anda bisa melihat setiap sudut diruangan itu.

4. Ambil aspek yang penting dari sebuah pidato.
Saat berpidato ambillah aspek yang terpenting, jangan muter-muter berbicara. Bisa-bisa semua orang dihadapan anda kabur semua hehehe

5. Sebelum hari H (acara), maka sebaiknya persiapkan materi.
Buat kerangka bagian diantaranya, pembukaan, isi dan penutup.
Buatlah seringkas-seringkasnya dan semenarik mungkin.

6. Berikanlah waktu untuk diri sendiri sebelum acara. Misal 20 menit, untuk membuat pertanyaan kurang lebih 50 pertanyaan, dan buat pula jawabannya Sebagai pegangan.

7. Ketakutan dari seseorang kepembicara bisanya dikarenakan apa yang dimilikinya belum cukup.
Jadi, siapa pun anda haruslah percaya diri dengan cara mematangkan materi.

8. Pidato yang kuat dan berpengaruh pun diantaranya dibagi tiga hal. yakni,
1. Pemahaman akan pemilihan kata
2. Penekanan pada kata
3. Lafalkan kalimat tersebut dengan penekannya

9. Dari soal penekanan suara, itu sangat berpengaruh loh.
Jadi, setiap kalimat mempunyai penekanan suara masing-masing.
Gak mungkinkan, selama berbicara didepan dalam penekanan kalimat datar terus, atau naik terus.
Jadi, harus disesuaikan ya.

10. Ada hal yang paling penting dari sekedar pengetahuan seorang public speaking, yakni antusiasme audiens ketika kita berbicara didepan. karena jika para audiens nampak begitu antusiasme. Maka pembicara tersebut sudah berhasil mempengaruhinya dengan sistematis.

11. Hubungan antara pembicara dengan audiens adalah intisari dari sebuah public speaking.
Jadi, harus dijaga baik-baik. Berikanlah perhatian penuh kepada para audiens dengan cara pikat hati mereka sehingga wajah-wajahnya nampak begitu antusiasme dalam setiap pembawaan anda.

12. Perhatikan costum (penampilan)
Nah, ini penting banget loh sebagai seorang public speaking yang berbicara didepan umum harus memperhatikan setiap detail penampilan. Dan usahakan untuk maching, menarik dan cerah. serta ceria.
Karena pakaian adalah hal yang mendukung selama berbicara. Yang penting percaya diri ya.

13. Dan masih banyak lagi dari tekhnik sistematis dari seorang public speaking.
Jadi, baca buku-buku tentang ilmu public speaking ya.
Saat belajar, kosongkan gelasmu. Hehehehe.


Terimaksih untuk setiap pembelajaran,
karena hidup adalah perjalanan dan pembelajaran.

Cikarang, 31-8-2016

Tumiesn





    Manusia dan catatannya





    Kupu-kupu yang cantik terbang di udara itu indah.Dengan sayapnya yang menawan dan caranya terbang, semua mata tertuju kepadanya.
    Indah, meskipun untuk menjadi indah ia pernah mengalami tak dianggap dan bahkan diacuhkan.

    Hidup didunia ini adalah perjalanan.
    Perjalanan menuju jalan kita pulang.
    Pulang ketempat yang sebenarnya, yakni pulang ke rumah dan pangkuan cinta-Nya.

    Manusia itu unik.
    Unik dalam segala hal.
    Begitupula soal catatan hidupnya.
    Setiap manusia memiliki catatan hidupnya masing-masing.
    Baik catatan yang tercatat amal baik oleh malaikat, ataupun catatan peninggalan setelah ia meninggalkan dunia.

    Izinkanlah saya menuliskan ini, "Manusia dan catatannya."
    Semasa hidup kita sebagai manusia pasti mengalamai jutaan kisah.
    Kenangan, prilaku, dan ucapan adalah catatan tersendiri yang akan selalu diingat oleh orang lain.
    Setiap detiknya, menit, hari dan hingga nafas tak dapat berhembus lagi.
    Segala aktivitas kita akan menjadi catatan tersendiri bagi orang lain.

    Saat kita bersikap baik, maka catatan itu terasa penuh warna terang bagi orang lain.
    Namun, jika perbuatan kita sebaliknya, jauh dari kata baik. Maka catatan itu terasa hitam legam menghujam orang lain.

    Manusia dan catatannya,
    Setiap apapun yang kita lakukan, kemarin, hari ini, esok dan hingga terakhir kalinya mata kita tertutup. Catatan hidup kita akan tertinggal dan terkenang bagi mereka.
    Entah itu baik atau tidak.

    Manusia dan catatannya.
    Semoga kita akan selalu mengukir catatan yang baik.
    Memuliakan orang lain, berlapang dada, berusaha baik kepada sesama terutama pada keluarga.
    Semoga Allah memberikan kemudahan hidup, dan memberikan hati yang dapat mengukir catatan yang baik. Sehingga saat kita meninggalkan dunia ini, catatan baiklah yang tertinggal untuk mereka.

    Cikarang, 31 Agustus 2016

    Tumiesn
    "Memantaskan diri untuk dipantaskan."




    Kampung Blog, joint yuk!





    Kampung Blog adalah sebuah komunitas para bloger baik pemula maupun master, yang terbentuk tanggal 28 Agustus 2016.
    Sebuah komunitas yang didirikan oleh Tumiesn & Wuri, serta mendapat dukungan dari WaGoMu.

    Kampung Blog sendiri dibuat dengan tujuan untuk menumbuhkan anak bangsa agar lebih menjadi insan yang semakin berproduktif.
    Kampung blog sendiri, dibuka untuk umum dan semua bloger-bloger yang menggunakan media apa pun, boleh gabung.

    Untuk kegiatan bisa dilakukan dengan dua cara yakni, secara online dan offline.
    Cara online melalui Group Watshap.
    Sementara untuk offline kita bisa adakan Air putih darat (kopdar).
    Semoga terbentuknya komunitas ini dibentuk, dapat membuat kita semakin produktif lagi sebagai anak bangsa.

    Manfaat gabung diblog ini ialah Menambah pertemanan, sharing tentang gimana caranya ngeblog, menulis, bahkan bisnis pun boleh.

    So.. Tunggu apa lagi,
    Yuk kita buat hidup semakin hidup dengan cara menjadi anak muda yang semakin memaksimalkan waktu.

    Untuk joint bisa hubungi :
    Watshap : 0857-1495-0614 (tumiesn) Fb : Tumiesn Blog : Tumiesn
    atau

    Watshap : 0878-5834-4948 (Wuri) Fb : Wuri Blog : Wuri

    Dan semoga komunitas ini semakin tumbuh untuk menumbuhkan.
    Menambah pertemanan, ilmu dan berbagi hal positif lainnya.
    Kita yang hanya punya waktu 24 jam setiap harinya, tidak lebih tetapi bisa saja berkurang,
    Semoga waktu yang dipercayakan dari-Nya digunakan dengan baik.

    Semangat berproduktif dan mari kita bangun komunitas produktif bersama Kampung Blog.





    Salam

    Cikarang, 29 Agustus 2016
    Tumiesn






    Air putih darat yuk! bersama Kampung Blog Cikarang




    Menulis adalah sebuah keindahan dari cinta dihidup ini.
    Dituangkannya dengan hati dan rasa disetiap katanya.
    semoga selalu kan bermakna.

    Terimakasih banyak untuk Edis Jun melalui #WaGoMu memberikan wadah buat saya menyalurkan hasrat menulis.
    Saya yang masih pemula ini hehehe diberikan sebuah media yang waw amazing yakni @WaGoMu.

    Buat kamu-kamu yang mau gabung, belajar bareng, sharing2, dan yang pasti menyambung talisilaturahmi. Yuk gabung dikomunitas positif ini.
    Dibuka untuk umum, gratis
    Semoga bisa menambah ilmu dan pertemanan.

    Lokasi : Perpua Kampus Pelita Bangsa
    Tgl : 28-8-2016
    (Setelah magrib)

    Yuk, air putih darat (bahasa saya menyebutkan dari kata kumpul-kumpul dan dapat ilmu) bersama Tumiesn dan teman-teman yang lain.
    Kita bangun komunitas positif.
    Yang diberi nama Kampung Blog Cikarang.
    Siapa pun kamu, boleh gabung!

    Salam
    Tumiesn







    Menikmati jomblo sebelum bertemu jodoh





    Jomblo adalah sebuah kata yang sebagian orang bilang, "Horor!"
    Lebih horor dari pada malam jum'at keliwon dan lebih horor pula akan adanya mak lampir. hehehe
    Belum lagi, saat kamu mutusin jadi seorang jomblo! maka bersiap-siaplah untuk sering dibuli!
    Seperti saat malam minggu tiba, dan hujan deraspun tiba. Maka perhatikanlah seluruh akun sosial media akan serempak mengatakan, "do'a si jomblo terijabah nih!" huhuhu sabar ya mblo.

    Banyak hal yang dialami jomblo itu ada asem-asem dan manis-manisnya gitu.
    Pokoknya, sempurna deh!

    Sebenarnya, jomblo ataupun gak jomblo itu hanyalah setatus remang-remang saja.
    Gimana gak remang-remang, meskipun kamu bilang punya pacar dan gak jomblo tapi hanya sekedar pacaran gak buruan dinikahin! lah apa bedanya ama si jomblo?
    Buktinya, makan masih sendiri, cuci baju sendiri, tidurpun sendiri.
    Dan Ktp mu ama si yang berstatus pacaran masih samakan, yakni belum kawin! bukan jomblo atau sudah punya pacar.
    Jadi, gak beda jauhkan?

    Ada hal yang lebih penting dari pada sekedar meratapi hidup ini gaes!
    Meratapi kejombloanmu yang belum kunjung berganti status sosial.
    Ahihihi...sabar ya mblo! Tuhan sedang mempersiapakn jodohmu.
    Maka, tugasmu sekarang adalah menikmati kejombloan mu sebelum bertemu si jodoh.

    Sebelum bertemu si jodoh, dan status diktp mu masih sama itu, maka sebaiknya gunakanlah waktumu sebaik mungkin!

    1. Banyaklah bergaul
    2. Saat kesendiran adalah kesempatan untuk terus memperbaiki diri
    3. Gak perlu minder dikatain sijomblo, toh kamu punya dunia yang lebih luaskan?
    4. Semangat meraih mimpi
    5. Giatkanlah belajarmu, menghabiskan waktu dengan hobimu
    6. Banyak-banyaklah melakukan traveling bersama teman-temanmu
    7. Waktu luangmu bisa dipergunakan buat lebih perhatian sama keluarga
    8. Kamu bisa melakukan banyak hal lagi yang positif, misal kegiatan sosial
    9. Sebelum si jodoh datang, kamu bisa bebas pergi kemana aja. Seperti keluar kota bahkan keluar Negri.
    10. Buka jendela hidupmu gaes! untuk lebih produktif
    11. Dan masih banyak hal lagi yang bisa kamu lakukan, dari pada harus meratapi kesendiranmu. karena orang keren banyak yang jomblo loh!


    Jadi, saat ini jika si jodoh belum datang menghampirimu. Maka pergunakanlah waktumu lebih baik lagi dan terus menjadi sosok yang lebih produktif.
    Percayalah, jika jodoh itu sesuai dengan apa yang kita lakukan.
    Jika kita baik, maka jodohpun akan baik pula.
    Jadi, saat bulyan datang menghampiri, "Hai jones!" cukuplah balas tersenyum.
    Toh, Tuhan sedang mempersiapkan seseorang yang terbaik.

    Semangat terus untuk bertumbuh dan memperbaiki diri.
    Jodoh adalah apa yang kamu lakukan.
    Menikmati jomblo sebelum bertemu jodoh dengan cara yang produktif itu lebih baik loh!
    Semangat, menjemput jodoh dengan cara terbaik.


    Cikarang, 22-8-2016

    Tumiesn





    Mimpi si anak Ikan Asin






    Hidup itu indah, penuh cerita.
    Ada tawa, sedih, luka dan berjuta rasa.
    Semuanya terbungkus menjadi satu, yakni sebuah kisah.

    Menjadi seseorang disaat ini, aku yang masih menjadi ulat untuk menjadi kupu-kupu yang cantik,
    begitu banyak kisah yang sudah terlewati.
    Tentang kerasnya hidup, perjuangan, tangis dan seluruh ruang kegundahan pun pernah menyapa.
    Semuanya tersusun dalam sebuah kenangan yakni kisah.

    Aku hanyalah anak ikan asin,
    bukan anak pemakan daging seperti teman-teman seusiaku dulu.
    Ikan asin adalah santapan yang sering kujumpai setiap harinya, hingga sempat aku menangis, "kapan aku makan ayam!"
    Teringat itu, aku menjadi tersenyum sendiri, dalam keharuan.

    Menjadi anak ke 5 dari 6 bersaudara.
    Hidup tanpa seorang ayah, dalam gubuk tua.
    Kala itu, sedih rasanya jika diceritakan.

    Dimasa itu aku adalah silugu dan pemalu.
    Mempunyai keterbatasan dunia.
    Hidup keras hanya dalam keluarga yang terkenal dengan sebutan yatim diasuh seorang janda.
    Terkadang aku sedih merasakan posisi itu.
    Hanya ingin berkata, "aku berhak bahagia walau hanya yatim."

    Melukis senja, menikmati semilir angin diatas pohon, dan menikmati matahari pagi saat itu begitu sangat ku suka.
    Bahkan duniaku yang dulu keras dan sempit, aku tetap merasa bahagia.

    Ada hal yang tetap membuat hidupku tetap bergairah, bersemangat dan ku ubah jadi ceria.
    Yakni, sebuah mimpi-mimpi.
    Aku yang ku sebut anak ikan asin,
    aku berhak bahagia.
    Melangkah lebih cepat lagi hingga menembus jingga.

    Senja bagiku tetap kucinta, tak mengubahku yang kini semakin tumbuh.
    Aku yang dulu hanyalah telur kecil dan kini baru mulai tumbuh menjadi ulat.
    Ya Tuhan, biarkanlah aku tetap bahagia dengan cara mengejar mimpi-mimpiku.
    Izinkanlah anak ikan asin ini terus berkarya dan kelak menjadi kupu-kupu yang cantik, tanpa harus melupakan kenangan masa kecil si anak ikan asin.
    Hingga detik ini, ikan asin adalah makan kesukaan.
    Seperti mimpiku yang masih ingin terus kuraih, mimpi-mimpi si anak ikan asin dari pulau sumatera.

    Cikarang, 21 Agustus 2016

    Tumiesn





    Peran keluarga penting dalam pengambilan keputusan





    Keluarga yang tercipta karena Allah itu begitu indah.
    Damai, tenang dan tentram.
    Seperti ada cahaya didalamnya,
    saling mengingatkan satu sama lain.
    Saling mengasihi dan mencintai setulus hati karena Allah.

    Apa jadinya, jika dalam sebuah keluarga tak ada cinta kasih.
    Tak ada kasih sayang, tak ada komunikasi.
    Acuh tak acuh, dan sudah dapat dipastikan semua itu terasa hambar, kaku dan kelu.

    keluarga laksana cahaya,
    sebuah kelompok kecil yang diperankan oleh manusia,
    dan kemudian kelompok kecil itu berkembang menjadi sebuah kelompok besar yang dinamakan keluarga besar.

    Bayangkan, betapa sedihnya jika kita hidup didunia ini hanya seorang diri.
    Tanpa keluarga, tanpa sanak saudara.
    Untuk bangkit membangun diri mungkin butuh perjuangan extra.

    Jauh dimata dekat dihati,
    Walau berbeda tempat tinggal, berbeda pulau dan tercipta jarak,
    bukan berarti keluarga hanyalah sebuah sebutan belaka.
    Keluarga adalah hadiah yang Allah berikan, amanah yang harus dijaga.
    Dan Keluarga pun memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan dalam hidup kita.

    Kita hidup memiliki jiwa sendiri-sendiri, tetapi kita hidup tidak dapat sendirian dan bukan hanya untuk diri sendiri.
    Karena setiap orang membutuhkan orang lain, membutuhkan kasih sayang, nasihat, tempat curhat dan sebagainya.
    Dan peran keluarga pun sangat penting, ketika kita dalam keadaan galau menentukan keputusan.
    Baik itu tentang pilihan pasangan, tentang pendidikan, tentang bisnis dan sebaginya.
    Mereka sangat berperan penting.
    Luangkanlah waktu sebentar untuk sharing dengan keluarga yang dipercaya, yang dirasa dapat memberikan masukan-masukan, memotivasi dan sebagainya.
    Karena keluarga yang hangat dan harmonis sudah dapat dipastikan saling mendukung satu sama lain, berpegangan tangan erat-erat. Dan memberikan masukan yang terbaik untuk kita manakala sedang mengalami kebimbangan dalam pengambilan keputusan.
    Dan jangan lupa semuanya serahkan dan kembalikan lagi kepada Yang Maha Cinta.

    Keluarga adalah cahaya,
    Hangatnya tercipta sebuah keluarga karena iman dan cinta karena-Nya.
    Komunikasi yang baik, ego yang diturunkan, saling memotivasi dan mengingatkan akan nikmatnya iman dan Islam.

    Cikarang, 20-8-2016

    Tumiesn

    googlea99089e98ef023f9.html





    Ubah patah hatimu menjadi insan lebih produktif


    Sisa-sisa kepedihan mungkin masih membiru dilubuk hatimu,
    Menyisakan sejuta harapan.
    Bungkusan sisa harapan itu pun kini terasa layu.
    Hampir saja usang karena termakan oleh waktu.

    Dia yang sempat kamu cinta, sayang bahkan harapkan untuk jangka panjang,
    namun harus berakhir dalam masa jangka pendek.
    Mungkin terasa sakit, perih bagaikan luka bakar dijarimu lalu disiram pakai air garam,
    Makjleb! pasti sakitkan hehehe.
    Sudahlah, biarkan saja itu berlalu,saatnya kamu move on!
    dan kelola patah hatimu menjadi lebih produktif.

    1. Jangan terlalu lama dalam masa patah hati, itu bisa membunuhmu!





    Hidup ini indah guys, jangan terlalu lama berada dalam sebuah kotak kepedihan. Itu bukan solusi, tetapi itu justru bisa membunuhmu perlahan. Kamu bukannya move on, malah semakin down.
    Biarkan dia pergi, dan sudah saatnya kamu bangkit!
    Jodoh ada ditangan Tuhan. Sederhana saja, jika pada masa jangka panjang dia tak bersamamu, berarti dia bukan jodohmu.

    2. Berdamai dengan diri sendiri




    Hatimu boleh patah, remuk bakan hancur. tapi, bukan berarti tak ada sisa-sisa dari rasa luka itu untukmu bangkitkan?
    Dia yang sudah berlalu, biarkanlah berlalu.
    Dan tugasmu selanjutnya adalah berdamai dengan diri sendiri.
    Karena hal tersulit bukanlah mengalahkan lawan, tetapi mengalahkan diri sendiri.
    Termasuk mengalah dari api patah hati hingga terkadang dapat membuat dirimu membenci diri sendir.
    Please guys, sayangi dirimu!
    Berdamai dengan dirimu itu yang terbaik.

    3. Tak perlu delete memory




    Hapus nomornya, hapus pertemanan medsosmu, hapus fotonya, membuang seluruh kenangan darinya, itu bukanlah hal yang dewasa. Sangat kanak-kanak dan egois!
    Why?
    Tak perlu delete semua memory tentang dy.
    Jika rasa pedihmu belum sirna, cukuplah terdiam dan mungkin butuh waktu sendiri untuk memulihkan rasa patah hati itu. Dan menghapus seluruh memory tentang dia dan dia, bukanlah hal yang baik.

    4. Banyakin makan



    Banyakin makan bukan berari semua makanan masuk keperutmu ya! hehehe,
    Tetapi, makanlah makanan yang sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan sesekali cokelat deh. Hehhe
    Itu tak akan membuatmu gendut.
    Jangan pernah tinggalkan makan hanya karena alasan patah hati!
    Apa lagi, berhari-hari, berminggu-minggu.
    Sayangilah dirimu sendiri!
    Percuma mogok makan, karena dia tak akan kembali.

    5. Perluas jaringan



    Mungkin sebelum kamu ngerasain yang namanya patah hati, kamu yang terlalu sibuk sama si doi! ampe lupa betapa pentingnya memperluas jaringan!
    Memperbanyak teman, ikut berbagai macam komunitas, bergaul dengan semua orang.
    dan menjadi orang yang aktif.
    Karena sebelumnya, kamu terlalu pasif dan membatasi diri. Waktu mu hanya buat si doi!
    Sudah saatnya kamu memperluas jaringan untuk hidupmu lebih produktif.
    Dan ingat ya, yang penting positif gaes!

    6. Kejar mimpi-mimpimu



    Mungkin dahulu kamu sempat mengejar-ngejar mimpi sama si doi!
    setelah dia pergi, bukan berarti kamu berhenti mengejar mimpi ya!
    Justru sudah saatnya, kamu harus lebih semangat mengejar mimpimu.
    Kejarlah mimpimu, dengan cara ubah patah hatimu menjadi lebih produktif.
    Masih banyak hal positif yang harus kamu kerjakan dari pada menjadi manusia yang lemah.

    Patah hati bukan berarti kamu menjadi manusia sendiri.
    Justru dari patah hatimu, kamu akan menjadi manusia yang beruntung disuatu waktu kamu menyadarinya.
    Kamu akan tahu betapa pentingnya nikmat hidup ini.
    Dia yang udah berlalu, ya udah ikhlaskan saja.
    Banyak hal yang harus kamu lakukan.
    Menyendiri, menangis berlarut-larut dalam melodi luka, itu bukanlah hal yang menguntungkan.
    Justru merugikan!

    Sudah saatnya, ubah patah hatimu menjadi insan yang lebih produktif.
    Tuhan menyayangimu selalu.
    Sudah saatnya kamu menjadi seseorang yang lebih kuat dan berguna.
    Bersyukurlah atas rasa pedih dan mendungmu.
    karena pelangimu akan segera terwujud.

    Setiap orang akan mendapatkan apa yang dia lakukan.
    Jika melakukan yang baik, maka akan mendapatkan yang terbaik.
    Begitupun sebaliknya.

    Dan baca juga 10 tips ketika galau menyapa dan alasan orang keren banyak yang jomblo

    Kamu lebih berharga, dari pada sekedar patah hatimu.
    Karena bersyukurlah atas rasa patah hatimu
    Enjoy!

    Cikarang, 16-8-2016

    Tumiesn












    Sempat sekedar singgah, belum jodoh




    Kehadirannya sempat membuatmu nyaman, bahkan menenangkan.
    Ia bagaikan merdunya suara biola yang dapat mengayunkan hati dalam sekejap.
    Dan membiarkannya larut dan masuk kedalam cerita hidupmu.
    Kisah hidupmu yang sangat berarti.
    Dan diapun sempat berarti didalam hidupmu. Meski hanya sempat sekedar singgah, belum jodoh.

    Kau tak dapat menahannya pergi, tidak dapat.
    Seperti kau tak dapat mencegahnya masuk kedalam hidupmu.
    Kau sendiri yang mengizinkan dirinya menjadi warna didalam hari-harimu, kau sendiri yang membiarkan dia membungkus memorymu.
    Namun, ternyata belum jodoh.

    Cinta tercipta bukan karena terpaksa, hingga gelora jiwa asmara sempat berbaur menjadi satu. Antara kau dan dia.
    Namun, akh.. belum jodoh.
    Dia bukan ditakdirkan untukmu.
    Dan kaupun bukan pula ditakdirkan untuknya.
    Terasa sakit, pedih bagaikan tersayat-sayat pecahan kaca.
    Namun, kau dan dia tak dapat bersuara untuk sekedar memberontak. Karena cinta tak selalu jodoh.

    Tangismu pecah manakala dia harus pergi meninggalkanmu, tangismu yang terkadang tak dapat bersuara dan air matamu yang tak dapat tumpah. Hanya dapat pecah didalam hati. Seperti pecahnya harapan didalam hatimu.
    Kau dan dia yang tak dapat bersama.

    Ia yang sempat sekedar singgah, belum jodoh.
    Kehadirannya yang menawarkan kebahagian, namun tak dapat bertahan dan memilih usang ditelan waktu. Ia menyerah dan memilih pergi.
    Hanya sempat sekedar singgah, belum jodoh.

    Ia bagaikan petualang, hanya sekedar singgah dibeberapa stasiun.
    Namun, melanjutkan lagi perjalanannya dengan cara meninggalkan stasiun yang lain menuju jalannya.
    Dia yang terkadang pergi dengan melambaikan tangan perpisahan kepadamu, atau sama sekali tidak.

    Jodoh memang selalu punya jalannya tersendiri untuk ia datang menghampirimu, menjemputmu dan yang sempurna memberikan warna dihidupmu, mampu membuktikan jika ia mampu bertahan tak tertalan masa dan usang, kecuali maut yang memisahkan.

    Rasa pedih mungkin sempat tercipta sempurna.
    Air mata yang mungkin telah kering, dan suara hati yang tak dapat keluar.
    Sudah cukup tertahan, menjadi kenangan.
    Ia yang sempat sekedar hadir, belum jodoh.
    Mungkin menyakitkan! Namun, itu yang terbaik dari Tuhan.

    Sempat sekedar singgah, belum jodoh dalam cinta terang-terangmu ataupun cinta dalam diam-diammu, semuanya sama saja. Tetap, sempat membuat hatimu terluka, perih dan mungkin bernanah.
    Hatimu yang terlalu lembut dan perasa, harus membiarka ia memilih jalannya, meninggalkan suara merdu bak biola dan warna dihidupmu.
    Ia yang sempat sekedar singgah, belum jodoh dihidupmu. Relakan dan lepaskanlah rasa yang bersemayam dihatimu.
    Biarkan ia bahagia dengan jalannya, maka kau akan bahagia dengan jalan barumu.
    Cinta tak selalu jodoh, tapi jodoh selalu bersama cinta.

    Cikarang, 10 Agustus 2016
    Tumiesn




    Pelangimu tak akan pudar, Mama.






    Wajahmu yang teduh, anggun sikapmu, tegar jiwamu.
    Sosokmu yang selalu menjadi inspirasi hidupku.
    Mama, bidadari tanpa sayap.

    Aku mencintaimu, dan kau lebih mencintaiku
    Cintamu yang sempurna
    Sesempurna dirimu yang telah mengandung, melahirkan dan membersarkan putri-putrimu
    kau sosok ibu sekaligus ayah

    Ketangguhanmu didalam hidup ini begitu luar biasa
    Hingga diusia tuamu, senyum tangguhmu masih begitu memancar
    Karena pelangimu tak akan pudar, Mama

    Begitu banyak kisah hidup ini yang sudah engkau lewati
    Dengan keringatmu hingga air mata tersembunyimu
    Engkau yang selalu pandai menyembunyikan sedihmu
    Hanya untuk keceriaan anak-anakmu

    Pelangimu tak akan pudar, mama
    Senyum tulusmu kuharap selalu terlihat sepanjang hari
    Ketegaranmu, kesolehanmu, keimanamu semoga selalu terjaga

    Tetaplah sehat diusia tuamu,
    Tetaplah menjadi sosok inspirasi dihidup kami
    Pelukanmu tetaplah hangat, seperti hangatnya mentari.

    Pelangimu tak akan pudar
    Tetaplah menjadi warna pelangi yang indah,
    Warna yang selalu anggun dan setia.
    Seperti sesetia cintamu kepada ayah.
    selamat ulang tahun, mama
    Bidadari tanpa sayap, bidadari syurga ayah.

    Cikarang, 7-8-2016

    Tumiesn
    Teruntuk mama
    otanjyoubi omedetto.