Yang harus kamu lakukan ketika sahabatmu menikah terlebih dahulu


                                           



Persahabatan adalah sebuah kata yang sederhana namun begitu berharga. Dan bahkan sebuah kata persahabatan sudah tidak asing lagi terdengar di gendang telinga.
Setiap insan pasti memiliki yang namanya sahabat. Sebuah ikatan yang lahir begitu saja.
Dikatakan sahabat sudah tentu karena saling merasa nyaman dan begitu akrab meskipun tidak harus selalu bersama dikarena kesibukan dan jarak.

Hidup itu memang harus berjalan maju, bukan mundur.
Yang dahulu kecil kini mulai tumbuh besar.
Yang dahulu masih remaja begitu cepatnya waktu merubahnya dewasa.
Yang dahulunya jomblo kini harus menikah.

Menikah!
Yah, sebuah kata yang memang semua orang menginginkannya dalam kehidupan ini untuk menyempurnakan separuh Agama-Nya.
Menikah atau dinikahi adalah jalan menuju Ridha-Nya.

Mungkin kamu pernah merasakan harus melepaskan sahabat mu satu persatu menikah.
Engkau yang masih sendiri dan harus rela melepaskan teman sebayamu, teman karibmu, teman bermainmu, teman tertawamu, teman yang sering mendengarkan cerita soal hidupmu atau tentang mantanmu.

Senang sudah pasti kau ingin meloncat kegirangan, karena nasib kejombloan sahabatmu sudah usai.
Sedih mungkin kau merasa begitu karena kau tak bisa lagi merasakan manisnya persahabatan beriringan bersama seperti biasanya.
Tetapi, seharusnya simpan kesedihanmu. Karena sahabatmu telah menemukan tambatan hatinya.

Beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika sahabatmu menikah terlebih dahulu :

1. Tersenyumlah tulus
2. Berdo'a lah untuk kebahagiannya
3. Peluklah sahabatmu erat (sesama jenis ya)
4. Hadirilah acara sakralnya, jangan ngumpet dilemari karena kau takut nasib jomblomu terbongkar
5. Buatlah bingkai demi bingkai foto yang manis hari termanis untuk sahabatmu
6. Jadilah saksi terbaik untuk hari baik sahabatmu
7. Jika kamu harus menangis, menangislah karena bahagia
8. Yakinilah bahwa meski status telah berbeda bukan berarti status persahabatan berubah
9. Pasangan sahabatmu akan menjadi sahabatmu juga bahkan seperti saudara
10. Dan sekarang lanjutkan hidupmu, raih mimpi mu dan jemput atau menjemput jodohmu pula
11. Silahkan ditambahkan sendiri hehehehe

Sekian dari saya.
Note :
Satu persatu sahabat kita memang akan menikah.
Entah kita terlebih dahulu atau mereka.
Pada akhirnya semua orang memang akan melanjutkan kehidupannya lebih serius.
Dan saatnya pula kamu melanjutkan hidup lebih serius.
Menikahlah jika sudah mampu.

Cikarang, 27-1-2016
Tumiesn





    Kaca mata hati


                                                  

    Mengenalmu tidak sengaja
    Menyapa mu pun tak pernah terpikirkan
    Perlahan tapi pasti binar matamu terasa menggetarkan hati
    Tidak dapat di pungkiri jika ku jatuh hati

    Setiap detiknya namamu terus terlintas
    Dan itu cukup mengganggu!
    Ku pijakan kaki terus menjauh untuk berjalan mundur
    Tapi, bayangmu justru seolah mendekat

    Ku amati dalam kaca mata hati
    Ku akui mungkin aku benar-benar jatuh hati
    Menyalahkan waktu untuk tak pernah bertemu denganmu
    Itu tidak mungkin dan tidak mungkin

    Kaca mata hatiku hanya bisa kuserahkan pada Illahi 
    Ku hanya dapat merayu kepada-Nya atas cinta yang tumbuh
    Mungkin cinta itu akan terpatri pada waktu yang tepat atau tidak sama sekali
    Sekali lagi ku hanya dapat merayu kepada-Nya bukan kepadamu

    Kaca mata hati ini terus memantau namamu dalam sejuta do'a
    Mendo'akan agar kau bahagia
    Bahagia bersamaku ataupun dengan yang lain
    Aku inikah tulang rusukmu atau bukan?
    Tetapi Semoga kita adalah insan yang terus berjuang memperbaiki diri untuk menuju Jannah-Nya

    Palembang, 24-1-2016
    Tumiesn
    Memantaskan diri untuk dipantaskan





    Namamu Ayah





    Kutulis namamu dengan cinta
    Dengan lembut tinta itu menggores secarik kertas putih
    Ku eja sekali lagi namamu, kutakut keliru
    Tetapi, namamu memang tak pernah berubah
    Tetap sama.

    Namamu ayah
    Begitu besar rinduku menjelma
    Ayah...
    Aku ingin menulis namamu bukan hanya diatas kertas putih saja
    Tetapi, ingin ku menulismu dihatiku

    Namamu yang singkat dan hidupmu yang dahulu begitu cepat berlalu di dunia ini
    Membuatku sempat merengek kepada Tuhan agar aku dapat menjemputmu pulang kerumah

    Saat itu sering kali ku menangis berdo'a kepada Tuhan
    Tangisku yang begitu khusuk hanya ingin meminta agar bertemu dengan mu
    Walaupun hanya dalam mimpi

    Kau titip pesan begitu indah kepada ibu untuk kami
    Hingga saat ini tetap ku ingat apa pesan dan harapmu
    Engkau pria hebat yang aku cinta
    Tanganmu yang hangat dan lembut serta kecup pelukmu yang amat kurindu

    Kerinduanku tak pernah terbatas
    Walau hanya do'a kupercaya, engkau mendengarnya
    Memelukmu dalam do'a itu yang bisa kulakukan

    Namumu ayah
    Terimakasih untuk punggungmu dahulu yang kuat pernah menggendongku
    Tanganmu yang lembut ajariku berjalan
    Dan kepercayaanmu kepada ibu untuk membesarkan kami

    Namamu ayah
    Terimakasih untuk cintamu
    Biar ku ukir dalam sejarah
    Biarkan pena menari-nari mengukir namamu

    Walau kini sebuah batu nisan tertulis namamu
    Semua itu tidak dapat menggantikan namamu hilang begitu saja dihatiku

    Cikarang, 19-1-2016

    Tumiesn
    Namamu ayah, Sapuan (alm)




    Bahagianya menjadi seorang penulis





    Penulis bukanlah manusia yang terlahir sempurna.
    Ia manusia biasa juga yang terlahir dari rahim seorang ibu.
    Sama seperti dirimu, dirinya dan mereka.

    Menjadi seseorang yang sedang belajar menulis untuk menjadi seorang penulis itu menyenangkan dan bahkan menenangkan.
    Banyak hal yang tidak bisa diucapkan secara lisan karena terkadang cukup tertera pada tulisan.
    Menulis, menulis dan menulis.
    Itu adalah salah satu langkah untuk mengatakan diri sendiri adalah seorang penulis.

    Berikut adalah paparan dari Bahagianya menjadi seorang penulis :

    1. Lebih Peka terhadap alam sekitar untuk dijadikan sumber inspirasi
    2. Pengembangan diri
    3. Menjadikan setiap hal sebagai bahan tulisan, meskipun itu hanya hal-hal kecil
    4. Melatih otak untuk terus meningkatkan imajinasi
    5. Bertemu dan mengenal banyak orang-orang baru
    6. Menambah komunitas-komunitas baru
    7. Menulis sebagai salah satu cara terapi diri
    8. Memiliki banyak teman
    9. Membuat jari-jari tangan lentik menguasai keyboard
    10. Menyukai hal-hal baru yang bisa diangkat sebagai tulisan
    11. Bisa menjadi pendengar yang baik, karena lewat mendengarkan cerita orang akan mendapatkan sumber inspirasi
    12. Dengan menulis belajar melatih diri menjadi orang yang sabar
    13. Lewat tulisan dapat memotivasi orang lain dan semoga dapat menginspirasi dunia
    14. Menemukan tempat-tempat baru di luar rumah untuk berduaan dengan si laptop
    15. Lebih merasa dekat dengan Tuhan
    16. Masih banyak lagi, tambahkan sendiri ya! hehehe

    Tulislah apa yang bisa kamu tulis, tetapi bertanggung jawablah atas apa yang kamu tulis.
    Hidup ini singkat. Karena sesingkat itu hidup maka ukirlah sejarah hidup mu dengan sebuah tulisan.

    Menulislah dan rasakan bahagianya menjadi seorang penulis.
    Ada 3 sumber untuk mendapatkan inspirasi yakni :
    - apa yang didengar
    - apa yang dilihat
    - dan apa yang dirasa.

    Hal yang paling menyenangkan bagi seorang penulis adalah tulisannya dapat dibaca oleh pembaca dan bermanfaat. Tidak akan adanya penulis tanpa adanya pembaca. Dan tidak akan adanya buku atau tulisan tanpa adanya penulis. Jika, salah satu diantaranya tidak melengkapi, maka tidak seimbang. Karena penulis dan pembaca layaknya sepasang sepatu yang saling membutuhkan.

    Cikarang, 13-02-2016

    Tumiesn







    Jangan lakukan ini jika anda seorang pengendara Motor


    Sebagai seorang pengendara motor yang setia menemani kemana aja pergi,
    maka wajib banget buat kita patuh akan rambu-rambu lalu lintas untuk keselamatan.

    Banyak banget orang yang ditilang oleh pak polisi karena melanggar peraturan lalu lintas.
    Contoh aja gak pakai helm dengan alasan pakai helm berat.
    "Aihh.. please deh, sayangi kepala mu selagi ada!"

    Sering banget kita jumpai orang-orang aneh di jalanan yang konon sebagai seorang pengendara motor yang macem-macem gayanya.
    Dari gaya kupu-kupu ampe gaya batu, "eh... itu mah renang!hihi"

    Berikut sekilas informasi yang ingin saya sampaikan,
    Jangan lakukan ini jika anda seorang pengendara Motor :

    1 : Cek bensin anda

              
     
    Ini adalah kesalahan fatal, ketika orang ingin pergi dengan motornya untuk kesuatu tempat ternyata bensinya habis. Alhasil harus dorong-dorong motor dari ujung timur ke barat! duh-duh apa enggak gempor itu kaki harus dorong-dorong motor.
    Lebih parahnya lagi, jika anda ingin menjemput doi kesayangan.
    Ini hasilnya dari keteledoran anda!



    2. Gunakan helm pada tempatnya
    Banyak banget kita amati para pengendara motor gak pakai helm dikepalanya dengan alasan berwarna-warni seperti pelangi di penghujung hujan. Karena ulah tersebut ampe buat pak polisi gereget harus kasih surat tilang terus. "Kenapa harus surat tilang! bukan surat cinta!"
    Ini adalah hasil dari malasnya pakai helm, dan tidak memakai helm pada tempatnya.



    3. Jangan buat teman mu susah

    Akibat kepekaannya 100% udah diberikan ke si doi hingga gak sadarkan diri jika si ban ternyata bocor.
    Ini lah akibatnya, dan teman mu harus merasakan getirnya pengalaman mu.
    Lebih getir dari pada ditikung sama temen sendiri sambil makan bertowali.



    4. Jangan nekat

    Biar dikatain keren dan lebih keren dari seorang superman atau saras 008, anda nekat gotong motor.
    Melewati lembah, sungai dan padang rumput yang mulai menguning.
    Please deh, ini bahaya. Mengancam keselamatan kondisi motor anda.

               

    5. Sayangi keluarga

    Sayang sih sayang keluarga, seperti pepatah mengatakan.
    "Makan gak makan yang penting kumpul!"
    Kalo yang ini, duduk gak duuk di motor yang penting keangkut!.
    Aduh, please deh! masih ada solusikan selain angkut keluarga semacam ini!
    Ini lebih bahaya dari pada sekedar di kejar-kejar buaya darat.


                                  
                          

    6. Jangan kebanyakan modus

    Ini lagi lebih parah!
    Demi bisa modus ama si doi, bawa motor ampe begini.
    Katanya biar keren. Kalau tiba-tiba si doi yang dibonceng di belakang punya penyakit jantung. Bisa-bisa wafat di perjalanan.
    Please! jangan lakukan perjalanan bersama doi seperti ini sepanjang jalan.
    Dia gak bakal nyaman, yang ada bisa-bisa jantungnya diikat di pohon rambutan.




    7. Bawalah barang sebisanya

    Ini lebih nekat, demi mementingkan semua barang yang diinginkan terangkut sampai lupa batas antara seberapa bisa menerima berat bagi si motor. Kasian banget si motor. Sabar ya.


    8. Sayang doi

    Saking sayangnya sama si doi untuk melindunginya. Ia rela memberikan sebuah pelindung kepala.
    Katanya sih biar selamat dari terik matahari, guyuran hujan dan mata-mata yang bisa merebut hati si doi.
    Aduh please deh, ini bahaya. Gak kebayang kalau si doi gak bisa bernafas karena saking terlindungnya, bisa-bisa oleng diperjalanan.



    Jagalah keselamatan buat anda sendiri dan untuk orang lain.
    Sayangi diri anda dan keluarga. Patuhilah tata tertib lalu lintas. Jangan hanya mematuhi apa kata si doi yang belum halal. "Jiah!"

    Sekian dari Tumiesn Warna Warni Hari yang selalu ceria mewarnai hari-hari "tidak bermaksud alay!"

    Salam, senyum, sapa, santun.
    Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang.





    Sepeninggalan Cinta #part 1



             "Sorot matanya tajam bak pisau yang siap memangsa siapa yang mendekat! alisnya tebal dan hitam mengalahkan lebatnya bulu domba di kampung nenekku!siapa dia?" bisik Alila lirih disaat menatap sebuah biodata karyawan yang ia bereskan dimeja barunya, yang tak lain kantor barunya ia bekerja sebagai seorang staff HRD disalah satu perusahaan.
           "Selamat pagi!" sebuah sapan yang membuat Alila hampir kejang-kejang dipagi hari. Seseorang yang sedang ia amati alis matanya yang lebat seperti bulu domba yang tak lain adalah Adlan salah seorang karyawan diperusahaan tersebut.
            "Pagi!" jawab Alila dengan wajah yang memang yang sedikit jutek, meskipun ia sebenarnya lembut seperti kue bolu kukus yang sering dibuat oleh mamanya.
             "Bu, saya mau mengajukan cuti!" dengan senyum tipis ia menyodorkan selembar cuti kepada Alila yang hampir kewalahan menahan geroginya.
             "Taruh saja disitu!" jawab Alila gadis berambut panjang yang tak lurus dan juga tak keriting dengan wajah yang sedikit ia jutek-jutekan meskipun sebenarnya ia ingin senyum lebar melebih lebarnya senyumnya mak lampir.
             Dengan wajah ramah Adlan menaruh pengajuan cuti diatas meja Alila dan memilih berlalu dari hadapan gadis itu. Adlan berlalu membuat hati Alila lega. Meskipun ia masih penasaran siapa Adlan?
            
    ***
          Yang cepat itu waktu, sementara yang lama adalah hati seorang jiwa yang tak pernah merasakan ketenangan hati. Kegelisahaan yang diciptakan dan rasa syukur yang sering dilupakan. Hingga merasa waktu begitu lama berjalan, padahal ia begitu cepat berlalu.

          Tak terasa Alila bekerja diperusahaan tersebut sudah hampir satu tahun dan dibulan desember yang tinggal menghitung hari adalah hari jadinya.  Dimana usianya yang semakin hari semakin bertambah.
    Alila yang begitu dekat dan akrab dengan seluruh karyawan, meskipun sebelumnya ia adalah seorang gadis yang jutek dan bisa dikatakan embahnya cuek ala metropolitan.
    Namun, sikapnya mendadak berubah. Rambutnya yang sebelumnya yang selalu terurai panjang yang tak lurus dan tak kriting kini tertutup oleh sebuah hijab yang rapi.
           Melalui sebuah proses Alila berubah, bukan berubah menjadi power ranger atau mak lampir yang tertawa lebar. Tetapi berubah semakin anggun.
    "Lalu siapa yang berhasil merubahnya?" sebuah tanda tanya yang amat besar dari sekelilingnya yang tanpa ia sadari begitu memperhatikan sosok Alila.

    *to be continued

    nantikan kisah selanjutnya ya!

    Tumiesn
    Cikarang, 7-1-2016






    Keuntungan punya nama abjad dari belakang


                

    Nama adalah sebutan yang diberikan kepada seseorang untuk sebuah kata bantu mempermudah orang lain menyebut/memanggil. Dan semua orang intinya punya nama! Gak kebayangkan kalau kita sebagai manusia yang terlahir imut-imut ini gak punya nama. Pasti semua orang akan saling memanggil dengan kata, "Ha! Hi! hu! he! ho!" aduh itu manggil nama terlalu aneh ah...
    Bisa-bisa gila sendiri! hehehe

    Setiap orang punya nama. Sependek ataupun sepanjang namamu, pasti diawali dengan satu huruf.
    Nah huruf abjad ini yang menentukan sebuah urutan namamu yang di pajang dimana-mana.
    Baik diurutan absen sekolah, absen pak RT, absen pak RW dan absen pos ronda. #aihhh

    Saya sebagai pemilik nama yang depannya huruf T alias abjad paling belakang itu punya keuntungan sendiri loh! pengen tahu? siap-siap peganggin jantungnya ya takut copot hihihi.

    Keuntungan punya nama abjad dari belakang :
    1. Sudah dipastikan jika punya nama yang abjadnya dari belakang pasti daftar nama di absen kelas ataupun di daftar nama kelurahaan paling belakang
    2. Jika nomur urutnya dari belakang faktor namanya tersebut, secara otomatis kalau dipanggil untuk maju ke kelas masih aman karena bukan yang pertama
    3. Nama abjad dari belakang itu paling aman, aman dari nama yang disebut paling pertama di setiap daftar nama
    4. Ketika nama-nama di depannya terlebih dahulu maju masih bisa menghafal (*jika didalam sekolah)
    5. Bisa lirik kanan kiri sambil nyengir (*hihihi tipe jail)
    6. tambahkan sendiri ya yang merasa punya nama abjad dari belakang

    Sekian dari saya.
    Siapa pun nama mu! itu adalah hadiah terindah dari kedua orang tua.

    Tumiesn





    Pendakian pertama





    Berpetualang adalah hal yang paling menyenangkan. Karena ketika kita mengenal alam bebas, kita akan merasakan hidup yang sebenarnya. Dan banyak pelajaran yang dapat diambil dari setiap perjalanannya.
    Lihat Videonya disini ya..

    http://app.talkfusion.com/newsletters/vn_view.asp?NTUxOTQz_!CID!

    Cikidot!

    Tumiesn




    Terimakasih telah menjadi bagian dari sejarah





    Lewat Video news Letter ini saya ingin mengucapkan banyak terimakasih kepada sahabat Tumiesn yang telah membaca tulisan saya yang di posting di blog saya yang sudah setengah tahun ini. Semoga lewat tulisan dapat bermanfaat dan menginspirasi dunia.
    Bahagianya seorang penulis karena adanya pembaca. Dan semoga sebaliknya.

    Cek Videonya disini ya...
    http://app.talkfusion.com/newsletters/vn_view.asp?NTUxODk4_!CID!

    Cikidot!

    Tumiesm




    Maumu apa?





    Kau bilang adalah hamba-Nya
    Kau bilang hidup karena-Nya
    Tanpa-Nya kau bilang hampa
    Tanpa-Nya kau bilang bukan siapa-siapa

    Kau bilang mengagumi awan dan langit biru-Nya
    Kau bilang suka melihat matahari terbit dan matahari terbenam
    Tapi mengapa kau suka lupa dengan-Nya?

    5 waktu kau abaikan
    Kau bilang sibuk, males antri saat mengambil wudhu dan musholah penuh!
    Kau bilang shalat nanti saja
    Lalu sebenarnya mau mu apa?

    Saat senang kau lupa
    Kau hambur-hamburkan waktumu berlalu begitu saja
    Subuh nyenyak dalam selimut
    Dzuhur sibuk di pekerjaan
    Ashar nanggung masih sibuk
    Maghrib dalam perjalanan
    Isya kelelahan dan memilih tidur
    Lalu maumu apa?

    Ketika sakit kau menangis, merengek-rengek meminta belas kasihan-Nya
    Ketika kau diberi kesempatan, mengapa kau pura-pura lupa?
    Lalu mau mu apa?

    Gayamu seakan hebat
    Kau bisa membeli segalanya dengan uang yang kau kira banyak
    Sebanyak apapun uang mu dan sehabat apapun kau,
    Kau tak akan pernah sanggup membeli langit ataupun bumi-Nya!

    Nikmatnya saja kau abaikan
    Kau berpura-pura tuli dan buta
    Padahal kau mendengar suara seruan Adzan dan melihat teman-temanmu mengajak, "Ayo shalat!"
    Tetapi, sejuta alasan kau beberkan.
    Lalu maumu apa?

    Kau bilang masih muda
    Hidupmu masih panjang
    Masalah taubat nanti saja
    Masih ada waktu! "itu ujarmu!"
    Yakinkah?

    Tumiesn

    Note :

    Jangan pernah lelah dan berhenti mengingatkan keluarga, sahabat, teman-teman dan kaum muslimin untuk mendirikan shalat ketika mereka lalai.
    Ketika engkau mengajaknya namun diabaikan, tersenyumlah dan tetap berusaha untuk terus mengingatkannya.
    Ini bukan tentang siapa, ini untuk mengingatkanku juga.
    Semoga bermanfaat.



    Tumiesn