Jangan ragu! teruslah berjalan





Terkadang saat kaki melangkah maju menuju tujuan,
Hujan badai, terik matahari, gelap gulita bumi, kerikil, jalan yang curam,
Jalan yang harus didaki penuh bebatuan nan tandus dan ujian perjalanan menyerbu dan seakan merantai kedua kaki yang hendak melangkah.
Percayalah itu hanya ujian untuk pendewasaan dan kematangan pola pikir dan sikap.
Jangan ragu! teruslah berjalan.

Terkadang ketika kita hendak memilih jalan yang menurut kita pantas untuk diperjuangkan dan dipertaruhkan semua itu tidak mudah apa yang dibayangkan.
Ujian berlipat-lipatpun terkemas dalam perjalanan.
Percayalah itu hanyalah sebuah khiasan pernak-pernik menuju sebuah tujuan.

Seperti menuju sukses!
Terkadang kamu akan dikatakan orang gila dan sebagainya!
Terlebih ketika engkau adalah seorang pemimpi dan berambisi.
Mereka yang tak paham dan hanya menjadi orang yang terlalu nyaman di kursinya, mereka akan tertawa terkekeh bahkan terbahak-bahak melihat apa yang kamu lakukan.
Karena sebenarnya mereka tidak perduli dan tidak mau tau apa itu arti sebuah proses kesuksesan.

Sukses dan menjadi apa yang kamu mau tidak semudah membuat lingkaran pada sebuah kertas dengan pensil,
Karena sukses adalah bagaimana cara kamu menikmati sebuah proses demi proses perjalanannya.

Cukuplah bagimu ketika hati lelah dan gundah dengan keadaan,
Ketika semua orang menjauhimu,
Ketika teman dekat tak ada yang menolongmu,
Ketika semua orang mencemohmu dengan sikap dan tekad yang mungkin dikatakan "Terlalu"
Cukuplah bagimu tersenyum dan berdo'a dalam hati,
Yakini dan yakini selalu. Dan jangan ragu! teruslah berjalan.

Sukses itu bukan bagaimana kamu kemarin,
Tetapi bagaimana saat ini atas keputusan yang kamu ambil.
Karena apa yang telah terjadi pada dirimu saat ini adalah hasil dari keputusanmu kemarin.
Dan keputusanmu hari ini menentukan hasil apa yang akan terjadi esok.

Hidup ini seimbang,
Jika kamu percaya takdir!
Ada hidup, ada mati.
Ada wanita, ada pria.
Ada malam, ada siang.
Ada marah, ada sabar.
Ada lemah, ada kuat.
Dan ada gagal  juga ada berhasil.

Hidup ini tergantung bagaimana langkahmu,
bukan bagaimana orang lain yang ada disekelilingmu.
Jika kamu mempunyai sebuah keyakinan yang kuat dan merasa jika mimpimu itu harus dicapai dengan jalan yang kamu pilih!
Yakin dan percayalah pada isi hatimu dan meminta petunjuk Tuhan.
Karena apa yang terjadi pada dirimu adalah hasil dari sikapmu sendiri.

Sukses tidak melulu berupa materi,
Tetapi membahagiakan orang lain  dan dapat melengkungkan senyum, membuat orang tertawa lebar adalah sebuah sukses nurani.

Jangan pernah takut meraih mimpi.
Jangan ragu! teruslah berjalan.
Percayalah engkau tidak pernah sendiri.
Karena Allah selalu bersamamu,
disetiap nafas dan langkahmu.

Teruslah berjalan menuju cahaya, biarpun jalanmu hanya ditemani sebuah lilin tanpa penerang lain.
Jangan ragu, teruslah berjalan.

Tumiesn

"Foto diatas adalah dokumentasi saya sendiri.
Dan sudah mendapatkan izin dari beliau.
Beliau adalah orang yang merubah hidupnya menjadi lebih baik menggapai kesuksesannya dengan cara berpikir postif dan berkomunitas dengan orang-orang yang positif.






    Selamat untuk bulanmu #part 2






           Kubaca perlahan sebuah undangan biru muda. Sebuah undangan cantik, anggun dan rapih.
    Undangan yang tertuju untukku. "untuk : Dek Nindi"
    Sebuah nama panggilan manis itu tertulis jelas. Untukku darinya. Pria yang kukira akan bersanding dengan jiwa ini. Namun, Tuhan berkata lain. Dia bukanlah untukku, tetapi untuk wanita yang memang ditakdirkan untuknya. Aku bukanlah tulang rusuknya.
         
             Kubuka perlahan dan ku eja setiap huruf demi huruf agar tidak keliru. Seperti episode dimana kutaruh hati ini untuknya, hingga aku keliru atas penantian ini.
    "Afar dan Dinda" sebuah nama yang serasi tertulis pada undangan tersebut. Sepasang calon pengantin yang akan bertemu dengan bulannya desember nanti.

            Air mata ini perlahan tumpah ruah mendarat dipipi. Sesak itu yang kurasa. Karena baru 1 minggu saja diri ini sembuh dari sakit. Tetapi lebih sakit hati ini. AKu mencoba ikhlas, namun hatiku terasa perih seperti luka bakar yang tersiram air laut. Perih bukan sekedar perih tapi sakit Tuhan.

            Berkali-kali aku mencoba membaca surat undangan biru tersebut, ku kira akan ada yang berubah dari tulisan itu. Tetapi tidak, tetap utuh dan sama. Hingga ku sadari malam semakin pekat. Sementara aku yang masih duduk disebuah cafe untuk sekedar minum segelas kopi hangat tetap saja tidak menghangatkan hati.

    Kutarik nafas panjang, mencoba tersenyum namun aku gagal lagi setiap kulihat undangan berwarna biru itu.

           "Assalamualaikum sayang sudah terima undangankan? Teh Cici berharap kamu datang ya."
    Sebuah pesan masuk keponselku.

    "Teh cici!" ucapku lirih. Ia memang tidak pernah tahu jika aku dan adik iparnya pernah merancang sebuah hubungan yang serius. Ia memang tidak pernah tahu jika 5 tahun rasa itu tetap ada. Dan kini hanya berlalu.

            "Waalaikumsalam teh, Insya Allah." jawabku singkat. Dan kemudian ponselpun dinonaktifkan. Aku sendiri memilih berlalu meninggalkan cafe tersebut dan secangkir kopi yang masih utuh.

        "Ini salahku!" sebuah penyesalan terus menghakimi keadaan. Diri ini yang salah, memilih duniaku dan meninggalkan semuanya. Dalam diam kukira aku dan ia akan baik-baik saja.
    Dalam kesibukan dunia masing-masing kukira aku dan dia akan tetap bertahan.
    Ku katakan belum siap, kukira ia tetap menunggu.
    Ku bilang aku sedang meraih mimpi, kukira ia mengerti.
    Tetapi, ia memutuskan memilih mencari tulang rusuknya yang sesungguhnya.
    Aku menyesal Tuhan!
     
             Salahku, bukan salahnya. Tetapi salahku sibuk dengan duniaku, diam dengan caraku.
    Dan kini aku hanya bisa tersenyum tipis menatap undangan biru.

    Ku coba menghela nafas dan menyadarkan diri ini bahwa kak Afar telah bahagia.
    Waktu tidak pernah dapat diulang. Ini salahku, dan entahlah diri ini dapat hadir atau tidak.

            "Hey Nindi!" sebuah suara menyadarkanku dari lamunan saat kaki ini berjalan ditrotoar, dibawah lampu tidak terang dan tidak gelap. Entahlah itu lampu apa, atau hanya hatiku saja yang sedang mendung.

            "Fatir!" kumenoleh kearah sosok pria itu yang tak lain adalah teman kecil.
    Dengan senyum sederhananya ia menghampiri. Entah memakai media apa ia tahu tempat persembunyianku yang sedang ingin lari dari kenyataan. Sungguh terlalu dia berhasil menjumpaiku yang sedang ingin menyendiri.
     
         "Kamu kenapa jalan? kamukan baru sembuh sakit? kok sendiri? dari kemarin kemana kok menghilang? aku cari kerumah, mamamu tidak tahu? ada apa sih? penyakit menyendirimu jangan kumat nanti kamu diculik loh sama spongebob!" ucapnya tak ada spasi.

         "Aku sedang menikmati hidup. Hanya ingin jalan kaki sampai rumah. gak akan ada yang berani nyulik. Dan pliss jangan ganggu, Tir. Go!"

        "Galak banget Nin! gak seperti biasanaya?" Gerutunya.
    "Itu undangan siapa?" ia masih saja kepo. Dan itu benar-benar membuatku "Agrrrr! benar-benar ingin lari dari kenyataan."

         "Dari ka Afar!" jawabku sok tegar. Agar aku terlihat baik-baik saja.

    "Apa? serius?" ia terkejut. Meskipun ia yang sudah di anggap sebagai sahabat tetapi ku tidak pernah
    bercerita atas berakhirnya hubungan kami beberapa bulan yang lalu.
    Hingga akhirnya sebuah undangan biru ada ditangan ini.
    Bukan Afar dengan Nindi, tetapi Afar & Dinda.

    *to be continued
    nantikan kisah selanjutnya ya!


    Tumiesn





    Menyapa mereka lebih dekat


    Dikehidupan ini tidak ada yang kebetulan.
    Apapun itu yang terjadi adalah sebuah ketentuan dari-Nya.
    Hari ini 26 November 2015, Allah pertemukan saya dengan anak-anak luar biasa yang semoga kelak akan menjadi kebanggaan orang tua, agama dan Bangsa.



    Saya sangat bersyukur sekali dapat berjumpa dengan mereka. Anak-anak SLB di sebuah lembaga pendidikan di Cikarang Bekasi. Mereka adalah anak didik dari sahabat baru saya, saat itu kami bertemu dalam acara public speacking di depok beberapa bulan yang lalu.
    Lewat pertemuan, belajar bersama itulah kami memulai percakapan sederhana hingga menjadi akrab.



    Dan saya sangat kagum dengan sahabat baru saya. Selain sebagai seorang mahasiswi ia adalah seorang guru disalah satu SLB (sekolah luar biasa) anak-anak yang berkebutuhan khusus.
    Beliau adalah teman pertama saya yang memiliki profesi yang tidak seperti pada umumnya.
    Cerita beliau membuat denyut jantung saya berdetak, dan hati saya mengatakan, "kamu harus ambil cuti satu hari saja, sapa anak-anak itu!"





    Diwaktu yang tepat, alhamdulilah saya dapat berjumpa mereka. Anak-anak luar biasa.
    Bahagia sekali saat pertama saya menginjakan kaki disekolah itu saya disambut hangat, ceria oleh anak-anak tersebut.
    Senyum saya berkembang, bertambah melihat betapa hebatnya mereka.
    Mereka memang kurang beruntung dari anak-anak pada umumnya.
    Namun, dengan segala keterbatasan yang ada mereka adalah anak-anak yang berjuang melatih dirinya untuk menjadi orang-orang pada umumnya walaupun mereka tidak bisa sempurna.
    Mereka memang terlahir seperti itu, ada yang mengalami Down syndrom, ADHD(perhatian yang teralihkan / tidak fokus), Autis, Tuna grahita (cacat mental), Hiperaktif.



    Dengan keadaan keterbatasan yang mereka alami. Namun mereka tetap mau belajar dan semoga saja ada keajabian jika mereka dapat bisa hidup seperti anak pada umumnya.
    Bagimanapun mereka adalah penerus bangsa ini yang harus kita perhatikan dan sayangi.
    Dengan sapaan lembut, senyum yang tulus. Saya yakin bahwa mereka juga mengerti jika disekelilingnya menyayangi mereka.


    Saya mencoba memberanikan diri melatih mereka menulis garis demi garis, namun itu bagi saya yang baru pertama kali bertemu sangat sulit. Karena mengajari anak seperti itu sangat butuh tenaga extra.
    Sahabat saya berkata, "Mengajar anak 1 yang mengalami keterbelakangan mental itu seperti mengajari 10 anak normal."
    Jadi tenaga, kasih sayang, fokus, perhatian harus dikerahkan extra.
    Saya benar-benar salut kepada para guru yang menangani anak-anak tersebut.



    Mereka menyapaku lembut, memanggil namaku dengan sebutan kakak walaupun terbata-bata.
    Geraknya, tingkahnya yang memang aneh dan tidak seperti biasanya membuat saya terhibur dan berpikir,
    "Terkadang kita terlalu sibuk dengan dunia kita sendiri, tidak perduli dan bahkan enggan menoleh mereka yang sebenarnya membutuhkan dekapan hangat agar mereka bisa berlari kencang seperti anak pada umumnya untuk menggapai mimpi atas hak hidup mereka."



    Hari ini adalah hari berharga, waktu yang sebenatar namun sangat berkesan.
    Sebuah pembelajaran baru arti kehidupan. Sebuah rasa syukur akan pada diri kita yang sering kali kita abaikan.
    Mereka membuat mata saya terbuka, membuat nurani semakin terketuk.
    Jika kita yang memiliki fisik normal, tenaga yang utuh, otak yang sempurna, keluarga yang lengkap dan lebih baik dari mereka, mengapa kita sering mengeluh pada keadaan dan sebagainya?
    Sedagkan mereka tulus menerima hidup mereka dengan keterbatasan yang ada.


    Tetap berjuang kawan untuk menebarkan ilmu dan hidup positif bagi mereka.
    Semoga sukses dan pahala akan terus mengalir.


    Dan untuk 25 november 2015 kemarin selamat hari guru.
    Guru bagi saya tidak harus yang berada dilembaga-lembaga pendidikan formal ataupun informal.
    Sesorang yang dapat menginspirasi, memotivasi, mengajak merubah kehidupan lebih baik adalah guru luar biasa.
    Dan kedua orang tua adalah guru pertama yang Allah berikan kepada kita.
    Segala cinta, didikan dan kasih sayang merekalah yang pertama untuk menghantarkan langkah kaki kita hingga saat ini.
    Semangat menerbarkan kehidupan yang positif.
    Terimakasih ya Allah untuk nafas cinta-Mu hingga detik ini.

    Tumiesn





    Belajar ulet dari kuaci




    Dahulu saya merasa aneh ketika salah satu sahabat saya setiap waktu luangnya ngemilnya kuaci.
    Hingga saya berpikir keras, "apa kuaci bisa buat kenyang?"
    Bahkan saya sering menggoda sahabat saya itu dengan menyebutnya hamtaro. hehehe

    Suatu hari ketika saya sedang mampir ke minimarket mencari cemilan, saya melihat beberapa bungkus kuaci.
    Saya langsung teringat sosok sahabat saya yang dahulu tinggal bersama.
    Tanpa berpikir panjang saya membelinya.
    Walaupun saya tidak tau jika mengemil kuaci harus dari mana?




    Sebuah pesan saya kirim untuknya berisi gambar kuaci tersebut.
    Saya bilang, "Makan kuaci jadi inget kamu! masih suka makan kuaci gak jah?" sebuah sebutan kesayangan untuk sahabat saya itu.

    Ia menjawab, "jarang ngemil sekarang aku tum."
    Hehe belum percaya sahabat saya itu sekarang berubah jadi jarang ngemil.
    "pantesan sekarang kurus!" hihihi

    2 bulan belakangan ini meja saya cemilannya yang biasanya makanan agak berat, "bukan besi ya!" ataupun wortel yang jadi cemilan favorite kini berganti menjadi kuaci-kuaci yang imut-imut.
    Bahkan meja sebelah saya yang saya panggil pak boz paling anteng kalo dikasih kuaci hehehe.

    Waktu kewaktu saya mencoba menganalisa kuaci dengan arti kehidupan ini.
    Sebuah benda kecil yang tidak mengenyangkan namun jadi pilihan sebagai cemilan ringan.

    1. Kuaci yang berasal dari bunga matahari yang kecil-kecil tersebut harus dipecahkan agar menjadi sesuatu,
    Seperti proses kehidupan kita sahabat, terkadang kita harus berani memecahkan sikap egois kita untuk
    sesuatu kehidupan yang lebih baik. Dalam arti berhenti memikirkan diri sendiri.

    2. Datang bersamaan tapi harus dihadapi satu per Satu
    Kita tidak dapat membuka kuaci satu bungkus sekaligus kan? Kita harus menyelesaikannya satu persatu. Kuaci tidak mungkin dijual persatu biji, begitu juga masalah, pasti datangnya satu paket. Kita harus dapat menguraikan satu paket masalah tersebut lalu mencari solusinya. Coba bayangkan kalau kita membuka kuaci sepuluh sekaligus, bisakah?
    Intinya sebuah masalah harus diselesaikan ya, jangan didiamkan berlarut-larut nanti jadi basi hehe

    3. Membutuhkan strategi khusus
    Dalam makan kuaci kita pasti harus memiliki strategi khusus,
    tidak mungkinkan kita makan kuaci kaya makan ciki yang langsung, "hab hab langsung dicaplok."
    Tetapi kita harus memiliki strategi tertentu agar mendapatkan daging kuaci tersebut dan tidak makan kulitnya, hehehe awas keselek kalo makan kulitnya.
    Seperti hidup ini, kita harus memiliki strategi untuk mewujudkan sebuah harapan dan mimpi.
    Berjuang dan berjuang lagi, yang penting postif ya.

    4. Tidak mengeyangkan tetapi menenangkan
    Saya belum pernah dengar jika makan kuaci bisa buat orang kenyang.
    Mungkin hanya hamtaro saja yang bisa kenyang makan kuaci hehehe, "upz hamtaro lagi."
    Seperti halnya kehidupan ini, sesuatu yang kecil bisa membuat kita bangga dan bahagia.
    Tidak harus bernominal banyak, meskipun hanya bernominal kecil tetapi memiliki nilai besar.
    Terutama dapat membuat orang lain bahagia dengan cara yang sederhana.

    5. Melatih menahan emosi
    Makan kuaci itu berusaha melatih menahan emosi, karena apa.
    Kita makannya satu-satu. Ngupasnya harus sahabar.
    Kaya hidup di dunia ini deh, kita harus banyak-banyak bersabar dan berjuang untuk menggapai sebuah impian. Intinya jangan pernah menyerah ya, seperti kita makan kuaci satu-satu harus penuh keuletan.

    Dan masih bayak lagi tentang kerennya isi dari sebuah kuaci loh,
    Sekarang, silahkan beli kuaci dan coba dihayati setiap bijinya ya. Hehe
    Belajar ulet dari kuaci.

    Tumiesn




    Sekali saja Tuhan, untuk senja


    Aku menyukainya,
    warnanya yang anggun dan memikat
    Aku suka akan kelembutannya
    Tuhan aku benar-benar suka.

    Senja, aku suka senja
    Walau ia datang seketika sebelum pekat
    Tetapi setiap keelokannya membuat aku tetap suka

    Ia hadir laksana ketenangan nurani
    Merasuk kelubuk hati
    Bermuara dan tetap ada dan hadir

    Senja, aku suka warnamu
    Namun, aku hanya bisa menyukaimu dari kejauhan
    Senja aku menyukaimu
    Engkau ada untuk membuat ceria hatiku

    Jika senjamu tak menghilang
    Aku ingin selalu ada dan memelukmu
    namun waktu tak memungkinkan
    Aku tak bisa melakukannya, hanya bisa ku melengkungkan senyum tulusku

    Seandainya perasaan seisi bumi terhadap senja dapat didengar
    Mungkin senja akan enggan meninggalkan waktu
    Namun, senja memilih membisu
    Hingga akhirnya seisi bumi menyadari bahwa senja hanya berlalu

    Tuhan, izinkanlah aku sekali saja
    ada untuk senja
    Sebelum aku pergi ataupun senja yang akan pergi
    Sekali saja Tuhan untuk perasaan ini
    Senja, sekali saja rangkul rasa ini.

    Tumiesn




    Tag :Senja




    Perjalanan persahabatan 3 Edan


    Persahabatan itu layaknya permata yang harus dijaga.
    Didekap penuh hangat.
    Sejauh apapun kaki melangkah,
    Persahabatan akan tetap terjaga.

    Insya Allah persahabatan ini sampai akhir hayat.
    Walau kini status berbeda,
    tetapi rasa dan kasih persahabatan tak kan lekang oleh waktu.

    Persembahan untuk sahabatku "3 Edan"
    Klik & baca dengan hati dan cinta vidio ini
    http://app.talkfusion.com/fusion2/view.asp?NDI4Nzk5Mg==_43897370





    10 Tips Ketika Galau menyapa!





    Apakah yang dimaksud dengan Galau?
    Hmm... Galau adalah semacam perasaan yang tidak menentu yang bisa disebut dengan Gelisah, Gundah dan sebagainya.

    Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya Galau bukan?
    Galau bisa menyapa siapa saja, baik yang muda, tua, pria, wanita dan sebagainya.
    Bahkan seorang penulis handalpun yang selalu nampak riang dalam hari-harinya pasti mengalami hal yang serupa karena kata Galau itu sendiri.

    Ketika Galau Menyapa itu layaknya diri kita sedang di terjang ke gelisahan yang mendalam. Adanya galau pasti karena adanya sebab bukan?
    Jikalau Galau datang tanpa sebab itu layaknya sedang makan puding di campur saos sambel dong! hehehehe.

    Hal-hal yang mendasari karena terjadinya galau pasti karena tak lain atas penolakan hati kita sendiri. Misalnya kita mengharapkan keinginan si A namun kita di hadirkan si B. Atau kita pengen makan ice cream eh dapatnya es mambo, hehehe kalau itu harus tetap di syukuri.

    "Aku galau!" sering sekali kalimat itu mampir terdengar di gendang telinga kita ketika anak-anak remaja bahkan dewasa sedang bercanda gurau ataupun serius menghadapi kondisi hatinya.
    Galau itu bisa datang akibat permasalahan yang pelik menyapa insan yang sedang diterjang badai kegalauan. Diantaranya masalah cinta, pekerjaan, sekolah, orang tua, keluarga, sahabat dan sebagainya.

    Ketika Galau menyapa! wiw sebaiknya ikuti 10 tips dari saya ini! yeyeye.
    Diantaranya adalah :

    1. Jangan menyalahkan diri sendiri

    Kalau sedang galau biasanya orang selalu saja menyalahkan diri sendiri. Bahkan karena terlalu merasa bersalah ada yang rela bunuh diri. Duhduhduh.. please hidup ini indah jangan akhiri dengan hal-hal bodoh! Anggaplah semua ini hanya sebatas permasalahn di dalam pengalaman hidup, selesaikanlah masalah mu bukan menambah masalah dengan menyalahkan diri sendiri. Berpikirlah yang jernih tentang apa yang terjadi dan solusi apa yang terbaik untuk menyikapi kegalauanmu.




    2. Berhenti Mendengarkan Lagu Berirama Sedih/Galau

    Hampir semua orang diseluruh dunia kalau galau malah mendownload lagu-lagu yang berirama sedih atau yang di cerita lagunya senasib sama mereka, TAPI ITU MERUPAKAN KESALAHAN YANG BESAR. Karena menurut saya 90% sebuah lirik lagu mempengaruhi cara kerja otak pendengarnya yang mengalir ke ulu hati. Sehingga membuat hati pendengar irama lagu tersebut menjadi terbawa suasana.Coba aja deh tiap kali ndengerin itu bukanya tambah seneng malah jadi tambah galau bukan? Lebih baik putar lagu yang bisa buat semangat atau matikan musik untuk sementara waktu dan perbanyak istighfar.




    3. Memahami bahwa segala ujian merupakan tingkat kenaikan level

    Setuju tidak sobat kalau saya bilang begini??
    Semua permasalahan hidup adalah ujian dari Tuhan agar kita naik level ke level yang lebih tinggi! Kalau ada yang kurang setuju, berarti sobat masih menyalahkan diri sendiri, dan itu adalah hal terbodoh.Selalu ingat Tuhan dimanapun dan kapan pun. Selalu ingat akan Cinta-Nya ya.




    4. Hadapi, Jangan dihindari

    Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi, jangan dihindari. Semakin kita menghindari justru permasalahan akan semakin bertambah. Dan bisa-bisa sobat jadi orang yang depresi karena terjangan badai kegalauan yang tak dapat terselesaikan. Kan serem bisa-bisa ditertawakan nyamuk-nyamuk yang menari-nari diantara kegundahan hati.Hadapai ya jangan hindari pasti selalu ada jalan.




    5. Merasalah beruntung

    Ternyata dari pengalaman galau kita akan menjadi manusia yang beruntung.
    Karena dari gelauan itu sendiri kita akan belajar banyak hal untuk naik ke level selanjutnya. Karena kegalauan akan menjadikan kita semakin dewasa saat kita mampu menyelesaikan itu semua dan dijadikan sebagai pengalaman berharga. Dan ketika kita menghadapi permasalah yang sama, maka kita akan lebih mudah dalam menyelesaikannya. So, beruntung itu bukan hanya mendapatkan kebahagiaan, tetapi juga bagaimana proses menuju kebahagiaan. Setuju?




    6. Perbanyak sharing dan bergaul dengan teman

    Cara ini merupakan hal yang lumayan kuat untuk mengatasi kegalauan kita. Dengan suasana yang ramai dan menyenangkan, itu akan membuat kegalauan menjadi pudar. Namun ingat, setelah pikiran rileks/nyaman, hadapilah dengan segera masalah yang membuat galau. Teman bisa menjadi sumber pembunuh rasa galau loh! karena teman yang baik pasti akan memotivasi dan membantu kita mencari solusi atas kegalauan itu.




    7. Perbanyak Ibadah dan Berdo’a kepada Tuhan

    Segala permasalahan yang didatangkan Tuhan akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalm menghadapi kehidupan ini. Namun harus sobat ingat, bahwa usaha tanpa do’a = 0. Tidak ada jalan terhebat dalam mengatasi kegalauan melebihi pendekatan kepada Tuhan. Jadi, banyak-banyak mendekatkan diri kepada Tuhan. Tapi jangan hanya dekat ketika ada masalah ya! tetapi seterusnya dan selamanya. Pasti Tuhan akan semakin menyayangimu.




    8. Perbanyak menyibukan diri dengan aktivitas yang bisa menghiburmu

    Ketika kita melakukan beberapa hal yang dianggap menyenangkan misal hobi kita, kita akan lupa segala masalah yang menerpa kita, jadi lakukanlah itu sesering mungkin. Jadi kalo suka shopping yang shopping terus, kalau suka main game ya maen game terus, kalau suka nonton ya nonton dll.Tetapi, ingat lakukan lah sesuatu yang akan membuat hidupmu bertambah berkualitas.




    9. Jika masih tidak bisa cobalah ke psikolog atau hipnoterapis

    Kalau anda masih merasa galau, dan cara diatas sudah dicoba belum kunjung menyembuhkan kegaluan anda. ya sudah coba anda pergi ke psikolog atau hipnoterapis. Di hipnoterapis/psikolog nanti kita bisa menghilangkan rasa galau, sakit hati, dilema dan lain-lain.




    10. Banyak-banyaklah bersyukur

    Hidup ini indah kawan. Jangan habiskan masa muda dan sisa usia dengan kegalauan yang tak bisa terselesaikan. Banyak-banyaklah bersyukur, karena dari rasa syukur itu hati kita akan menjadi lapang.
    Stop Galau! Saatnya bangkit jalani hidup yang lebih baik. "Habis Galau terbitlah Move on"




    Selalu ada pelangi seusai badai petir menerjang.
    Sekian Artikel tips cara menghilangkan "Ketika Galau Menyapa".
    Jika ada kata-kata yang tidak berkenan, saya mohon maaf sebanyak-banyaknya dan semoga bermanfaat. Terimakasih.


    Tumiesn




    Tag :Galau




    Air putih darat bersama sahabat Wagomu


    Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.
    Karena didunia ini, manusia tidak pernah bisa hidup sendiri.
    Berkembang dan mengembangkan diri, menggali potensi tidak harus hanya dilingkungan akademik ataupun lingkungan pendidikan saja.
    Tetapi, pengembangan diri dikelola dan latih oleh diri sendiri.

    Perbanyaklah berteman, membangun komunitas yang positif.
    Berbagi informasi, berbagi ilmu, saling membantu dan mendukung kawan adalah hal yang lebih baik.
    Daripada saling duduk berjauhan seperti bermusuhan.
    Bersilaturahmi, menjalin pertemanan bagi saya adalah cara Allah menghadiahkan mereka dikehidupan kita.
    Karena lewat talisilaturahmi Allah akan memperpanjangkan umur dan melimpahkan rezeki.
    So... Jangan hidup menyendiri!
    Bangunlah kepercayaan kepada orang lain untuk saling berbagi.

    Kali ini saya akan berbagi tentang Air putih darat bersama sahabat Wagomu!



    Apa itu Air putih darat?
    Air putih darat bagi saya lebih keren dari kopi darat ataupun sejenisnya, hehehe
    Meskipun saat berkumpul bersama teman-teman, baik sekedar ngobrol, ataupun sharing itu disuguhkan minuman yang berasa dan berwarna-warni seperti nama blog saya hehehe.
    Air putih buat saya adalah sebuah kesederhanaan hidup.
    Saya menyebutnya air putih darat pertama kali saat belajar wagomu bersama Edis Jun senpai


    Yapz, Air putih darat.
    Sebuah kalimat buat saya lebih akrab dan saling merangkul.
    Karena bagi saya, ketika datang kesuatu tempat meskipun sekedar ngobrol-ngobrol biasa, saat pulang saya harus membawa kalimat-kalimat yang akan saya ingat terus.
    Jika kalimat demi kalimat tidak ingat, minimal kata demi kata deh! hehehehe.



    Air putih yang bening tanpa rasa itu sangat berarti bagi kehidupan kita.
    Saya meyakini bahwa, dalam setiap tetes air putih ada do'a dan arti tersendiri.
    Seperti halnya saat kita sedang berkumpul bertukar informasi, saya sangat berharap ketika pulang
    saya mendapatkan hal yang dapat saya jadikan pelajaran.

    Air putih yang bening tanpa rasa menyimpan sejuta makna.
    Kesederhanaan didalamnya tumbuh dan sejuk.
    Seperti sebuah kesederhanaan yang selalu diajarkan oleh orang tua saya.
    Dan begitupun yang diajarkan oleh Ichi suslia sensei guru bahasa jepang dan pemilik Japania Juku http://japaniajuku.wagomu.id/


    Terimakasih untuk teman-teman yang sudah hadir dikediaman saya yang imut-imut seperti tulisan saya ini,
    dan saling berbagi dan belajar bersama.
    Karena bagi saya menyambung silaturahmi itu sangat penting.


    Dan saya juga sangat berterimakasih untuk hadiah T-shirt wagomu dari Edis Jun hehe yang sudah baik dan memberikan kesempatan kepada saya bergabung di blog Wagomu yang keren ini.
    Karena saya yang memang doyan nulis bisa menuangkan ide-ide saya yang masih dan harus terus dilatih.


    Berbagi buat saya tidak harus bernilai materi melulu.
    Karena buat saya, berbagi informasi adalah hal yang baik dan harus selalu diterapkan.
    Yuk berbagi, lewat kehidupan ini dengan cara-cara yang positif.

    Terimaksih untuk air putih daratnya bersama sahabat Wagomu.
    Sampai jumpa di lain kesempatan.
    Yuk berbagi dengan sejuta kemampuan.

    Tumiesn






    Alasan orang keren banyak yang jomblo. kamu nomor berapa?


    Apa itu jomblo?
    Banyak banget kata jomblo itu mendarat ditelinga para orang-orang single yang sedang menikmati aktivitas sehari-hari seorang diri.
    Gak nanggung-nanggung kadang ketika si jomblo sedang menikmati hidupnya yang terkesan aneh dikalangan masyarakat jaman kekinian, bisa di buly habis-habisan,
    "Kamu jomblo ya?"
    "Mana pacar? mana gebetan?"
    "Truk aja gandengan! masa kalah!"
    Mblejep....! pas kena hati! please deh itu pertanyaan atau lagi borong dagangan? hihihi, sabar ya!

    Tapi tenang sobat,
    Tidak akan ada asap kalau gak ada api!
    Tidak ada alasan kalau tanpa maksud, eitz,,,,,,, "mikir keras!"



    Jomblo yang akhir-akhir zaman sekarang sering disebut dengan kata Jones (jomblo ngenes).
    "Sedih amat ya!" nangis guling-guling.
    Memang harus tebal telinga ketika dibuly! terutama harus kuat iman!
    Upz.. selalu ada alasan untuk sebuah tujuan, "iyakan?" senyum girang.
    Jomblo emang identik dengan kehidupannya hanya dinikmati diri sendiri, tanpa gandengan! "emang truck kali ya gandengan hehehehe."

    Oke guys, kali ini tumiesn akan menulis tentang alasan kenapa orang keren banyak yang jomblo!"yang jomblo nambah ngerasa keren dah ^-^"

    1. Jomblo itu lebih menyenangkan

    Kenapa jomblo menyenangkan? ya, karena ketika belum siap punya gandengan yang sering menuntut, si jomblo bisa menghabiskan waktu sendiri, kemana-mana sendiri tanpa ada yang ngelarang dan sebagainya.


    2. Bisa berteman dengan siapa saja

    Orang yang jomblo lebih banyak memiliki teman! kenapa? ya karena waktu yang ia punya selain dihabiskan bersama keluarga ya ia habiskan dengan teman-temannya. Mulai dari teman kuliah, teman kerja, teman les, teman piknik dan sebagainya. Bandingkan dengan yang gak jomblo mereka lebih banyak menghabiskan waktu berdua, lebih parahnya ketika si doi over protektif hehehe "ngenes, lebih ngenes dari si jones!"


    3. Lebih serius menuntaskan pendidikan dan meniti karir

    Terkadang kesendirian menjadi alasan kuat untuk lebih konsentrasi soal pendidikan dan karir loh. Waktunya dihabiskan dengan tugas-tugas dan pekerjaan yang menumpuk! upz, tapi harus tetep inget kodrat sebagai individu yang saling membutuhkan orang lain ya meskipun pada masa yang tepat.hehehe


    4. Memilih yang terbaik dari yang baik

    Ada yang bilang, "jangan suka milih-milih entar jadi jomblo akut!" hihihi itu adalah kalimat yang salah dari kata yang salah! so.. cinta memang harus memilih bukan. Memilih yang terbaik dari yang baik. Memilih bukan hanya dari segi fisikli saja, tetapi lebih condong mengenai Agamanya dan cara ia menghargai orang lain. bukan begitu?


    5. Sibuk menyiapkan masa depan untuk sebuah harapan

    Terkadang orang yang sibuk dengan dunianya sendiri, bukan berarti ia tidak perduli dengan masa depan untuk sebuah harapannya loh. Mereka memang sibuk dengan dunianya! ya, karena mereka yang sering dikatakan jomblo tersebut sedang membangun masa depannya untuk sebuah harapan kerennya bersama pasangannya nanti.


    6. Memantaskan diri untuk dipantaskan

    Memantaskan diri bukan hanya sekedar dari materi yang dikejar, yang diraih loh!
    Memantaskan diri adalah bagaimana kita menyiapkan diri sendiri menjadi lebih baik, terutama dari segi agama. Memulai membangun diri sendiri menjadi sosok orang yang menyengkan dan lebih mengenal siapa diri kita sendiri, sehingga kelak kita bisa mengenal dan menghargai pasangan untuk memantaskan dan dipantaskan.


    7. Meyakini bahwa semua indah pada waktunya

    Jomblo keren adalah jomblo yang merasa dirinya bukanlah jomblo apalagi jones!
    Tetapi, meyakinkan pada diri sendiri bahwa semua akan indah pada waktunya dengan alasan yang tepat dan masa yang tepat. Tidak tergesa-gesa, tetapi tetap pada jalannya.


    Selalu ada alasan untuk sebuah maksud dan tujuan ya,
    Jomblo ataupun tidak jomblo adalah pilihan, yang setiap individunya berhak memilih cara ia mengemas hidupnya.
    Tetapi, jomblo yang keren adalah jomblo yang berusaha memantaskan diri dan memperjuangkan apa yang seharusnya diperjuangkan.
    "Jangan bodoh mencari jodoh!" sebuah judul buku karya @Brilli Agung yang ngena banget judulnya hehehe.

    Intinya, hidup ini indah sobat, masa muda adalah masa yang berkilau. Jangan habiskan masa yang indah ini dengan hal-hal yang merugikan masa depan.
    Jodoh memang di tangan Tuhan, tetapi harus tetap diperjuangkan ya dengan cara yang bijak dan adil pada diri sendiri dan dunia.


    Mohon maaf jika ada salah-salah kata pada penulisan.
    Ambil manfaatnya, buang buruknya.

    Tumiesn


    Tag :Jomblo




    Pantai Mutun Bandar Lampung


    Hai.. hai sahabat Tumiesn...
    Kali ini saya akan berbagai tentang pengalaman saya berkunjung ke salah satu objek wisata di Bandar Lampung, yakni Pantai Mutun.



    Bandar Lampung yang terletak di pulau sumatera ini memang kaya akan wisatanya loh!
    Yakni, Pantainya.
    Bandar lampung yang juga terkenal dengan khasnya yakni kopi lampung dan Gajah lampung ini,
    di sana terdapat banyak sekali objek wisata pantainya.




    20 Juli 2015, kebetulan saat saya pulang ke Bandar Lampung. Di sela-sela liburan saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Salah satu objek Wisata di Bandar Lampung yakni Pantai Mutun.
    Pantainya keren loh!
    Bersih dan yang pasti disana keren lah hehehehe.



    Selain pantainya yang keren dan bersih, pasirnya juga putih loh.
    Dan bebatuan karangnya juga tidak kalah keren.
    Saya dan teman-teman saya berkunjung kesana dengan mengendarai sepeda motor.
    Karena kebetulan jarak rumah kami dengan pantai tidak terlalu jauh.
    Jika jalanan tidak macet,
    kurang lebih satu jam perjalanan kami tiba di pantai.



    Selama perjalanan menuju pantai yang berlokasinya di daerah Teluk Betung ini,
    sepanjang perjalanan kami disajikan dan disapa oleh pepohonan yang tersusun rapi nan elok.
    Dan disana juga terdapat banyak pantai-pantai lain selain pantai mutun.



    Karena Bandar Lampung memang kaya akan pantainya yang jernih dan mempesona.
    Dan disana juga terdapat permaianannya seperti pantai-pantai pada umumnya.



    Deburan ombak dan hembusan angin laut membuat saya betah jika pergi kepantai.
    Anginnya yang tenang, air lautnya yang jernih, pesonanya yang buat nyaman ketika pandangan mata saya menatap lekat pulau-pulau yang ada di tengah-tengah laut.
    Keren kan ^_^.



    Hmmm,
    Mata saya juga tak kalah terkejut ketika saya menatap beberapa burung yang terbang diatas lautan mencari makan dan menambah eksotis pemandangan.



    Burung-burung itu menari-nari diatas lautan beriringan dengan hembusan angin laut yang aduhai.
    Pesona alam Indonesia itu memang keren ya.
    Dari sabang sampai Marauke berjajar pulau-pulau hehehe.

    Untuk lebih jelasnya tentang pantai mutun dan pantai-pantai di Bandar Lampung,
    silahkan berkunjung ya ke Bandar Lampung.
    Di Jamin tidak nyesel ^_^.

    Perjalanan ku dan teman-teman di bandar Lampung 20 Juli 2015.

    Tumiesn











    Tag :Indonesia